Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

SDM PKH Padangpariaman Heal Trauma Korban Bencana

  • Bagikan
SDM PKH Padangpariaman di Ulakantapakih 2021
SDM PKH Padangpariaman bersama DinsosP3A Padangpariaman, Tagana dan para korban terdampak bencana, usai melakukan kegiatan trauma healing di Ulakantapakih. (Foto: Hasnul Uncu/Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) bersama SDM PKH Padangpariaman, mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, melakukan trauma healing terhadap korban bencana. Yakni yang terdampak longsor, banjir dan pohon tumbang.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, DinsosP3A Padangpariaman, Aprizondi, menilai bahwa SDM PKH Padangpariaman Peduli salah satu wujud kepedulian dan optimalisasi peran SDM PKH, dalam konteks kemanusiaan. “Pada masa tanggap darurat, tanpa terkecuali siapapun harus membantu masyarakat. Apalagi PKH yang bergerak di bidang sosial,” ungkap Aprizondi.

Menurutnya, SDM PKH Padangpariaman yang berpengalaman melakukan Family Development Sessions (FDS) atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) PKH, tentunya mampu melakukan layanan dukungan psikososial kepada warga terdampak bencana.

BACA JUGA:  Mulyadi: Transportasi Kereta Api Sumbar Perlu Diaktifkan

“Layanan dukungan psikososial melalui pendekatan FDS dengan menyesuaikan pada kondisi kedaruratan, diharapkan efektif mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi ulang dengan kondisi yang telah membuat mereka traumatis,” hematnya.

Satu hal yang perlu disadari bersama, imbuhnya, kehadiran SDM PKH wujud representatif hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat terdampak melalui Program Keluarga Harapan. Khususnya di Padanpariaman.

“Apalagi trauma healing hari ini (kemarin) turut dilakukan langsung oleh ibu Mensos bersama bapak Bupati Padangpariaman dan Gubernur Sumbar. Insya Allah, dengan begini korban bisa lebih merasakan kehadiran pemerintah,” tukasnya.

Menambahkan, Kasi Jaminan Sosial Maslinda Roza, menjelaskan bahwa kehadiran PKH sangat membantu mengotati traumatis korban bencana di Padangpariaman pada Rabu (29/9/2021). Terlebih Mensos turut langsung turun melihat daerah terdampak bencana di Ranah Saiyo Sakato tersebut.

BACA JUGA:  Jumlah THL di Padangpariaman Diminta Kaji Ulang
“Dinsos dan SDM PKH Padangpariaman terus mendapat arahan oleh pimpinan kita di daerah, dalam hal ini Bupati Padangpariaman, bapak Suhatri Bur. Terlebih saat bencana terjadi, agar kita bergerak cepat,” ungkap Maslinda.
SDM PKH Padangpariaman di Ulakantapakih
Penyerahan bantuan kepada korban terdampak bencana di Ulakantapakih. (Hasnul Uncu/Datiak.com)

Dalam kegiatan trauma healing ini, lanjutnya, Mensos didampingi Gubernur, Bupati, Dinsos serta rombongan SDM PKH Padangpariaman, memberikan pencerahan, hiburan dan dorongan kepada korban bencana. Sehingga, korban kembali semangat dalam menjalani kehidupan yang penuh cobaan ini.

“Dalam kegiatan itu juga disediakan beberapa dorprize untuk anak-anak dan ibu rumah tangga yang merupakan KPM PKH Padangpariaman. Semoga hal ini menjadi amal ibadah,” tukasnya.

Sementara itu, Koordinator PKH Padangpariaman, Ramadhanil, menjelaskan bahwa PKH Padangpariaman Peduli melalui layanan dukungan psikosial, merupakan aksi cepat tanggap darurat dari SDM PKH Padangpariaman.

BACA JUGA:  Laporkan Harta Kekayaan Wajib Dilakukan Penyelenggara Negara

“Allhamdulillah, anak-anak dan KPM sangat antusias mengikuti kegiatan trauma healing tersebut. Semoga dengan cara ini, mereka (para korban bencana) bisa kembali ceria,” harapnya.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada Dinas Sosial Padangpariaman yang sudah mempercayakan kegiatan ini kepada SDM PKH Padangpariaman. Begitupun arahan yang diberikan oleh bapak bupati selama ini,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan