Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Dampak Banjir di Padangpariaman Meluas ke 17 Nagari

  • Bagikan

Padangpariaman | Datiak.com – Dampak banjir di Padangpariaman ternyata cukup luas. Jika sebelumnya terdata banjir melanda 7 nagari, per Kamis (30/9), jumlah nagari terdampak banjir di Padangpariaman ternyata sebanyak 17 nagari. Dampak terluarnya yaitu di Kecamatan Batanganai.

Data yang dihimpun Datiak.com, hujan lebat disertai angin kencang di Padangpariaman pada Rabu (29/9), tidak saja berujung dampak banjir di Padangpariaman, tetapi juga longsor dan pohon tumbang. Tercatat 7 titik longsor yang terdapat di 5 nagari, dan pohon tumbang di 5 nagari.

Bencana alam itu tidak saja merusak merendam serta merusak rumah warga dan infratruktur umum, tetapi juga menelan korban jiwa. Warga yang meninggal karena longsor sebanyak 7 orang, dan meninggal akibat tertimpa pohon 1 orang.

Sedangkan warga yang mengalami luka atau cidera karena bencana longsor sebanyak 1 orang, dan karena tertimpa pohon 3 orang. Sekarang, korban yang luka dan cidera tersebut masih dalam proses perawatan medis.

Kalaksa BPBD Padangpariaman Budi Mulya menjelaskan, pendataan petuganya di lapangan, terdapat ratusan rumah yang terkena dampak banjir di Padangpariaman. “Kalau korban jiwa terdapat di dua lokasi kejadian. 7 korban meninggal dan 1 cidera kaki karena longsor di Tanahtaban, lalu 1 korban meninggal dan 3 luka-luka karena pohon tumbang di kawasan Syekh Burhanuddin,” ujar Budi Mulya.

BACA JUGA:  Diduga Jual Kulit Tenggiling, Lansia dan Dua Pria Ditangkap

Budi menjelaskan, seluruh korban yang meninggal dunia karena longsor di Tanahtaban, sudah ditemukan kemarin siang. “Rabu malam (29/9) korban (meninggal) yang ditemukan 3 orang, 1 luka-luka. Tadi pagi (kemarin) ditemukan lagi 1 korban meninggal. Siangnya ditemukan 3 korban meninggal,” jelas Budi.

Usai menemukan korban tersebut, lanjutnya, Petugas TRC BPBD Padangpariaman bersama TNI dan Polri serta masyarakat sekitar, melakukan pembenahan lokasi longsor. Setelah itu, petugasnya bertolak ke lokasi terdampak banji dan longsor lainnya.

“Memang cukup banyak kejadian di Padangpariaman pada Rabu (29/9) hingga tadi pagi (kemarin). Yakni tesebar di 27 nagari. 17 nagari terkena dampak banjir di Padangpariaman, 5 nagari terdapat longsor, dan 5 nagari kejadian pohon tumbang,” paparnya.

Ia merincikan nagari yang dilanda banjir tersebut. Yakni Nagari Sungai Buluah Timur, Tandikek, Pauahkamba,  Padangbintungan, Campago, Lubuakaluang, Sungai Buluah Selatan, Kasang, Sungai Buluah Barat, Katapiang, Toboh Gadang Selatan, Kampuang Galapuang Ulakan, Mangopoh Palak Gadang, Sandi Ulakan, Ulakan, Seulayat Ulakan, Tapakih, dan Nagari Pasiekaweh.

BACA JUGA:  Klaster Perkantoran di Mentawai Semakin Mengkhawatirkan

“Ketinggian air banjir di masing-masing nagari beragam. Namun rata-rata antara 50-75cm dan ada yang kedalamannya 100-150cm. Alhamdulillah, tadi pagi rata-rata air sudah mengalami penyusutan debit,” kata Budi.

Sedangkan yang terdampak longsor di Padangpariaman, imbuhnya, yaitu Korong Tanahtaban di Nagari Pasielaweh, Korong Pauah di Parikmalintang, Korong Batubasa di III Koto Aua Malintang, Korong Kiambang di Lubuakpandan, dan Korong Rimbokalam di Anduriang.

Sedangkan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, yang meninjau longsor di Tanahtaban kemarin, mengatakan bahwa turut berduka kepada warga yang meninggal akibat bencana tersebut. “Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, karena ini merupakan ujian untuk kita bersama,” katanya.

Suhatri Bur pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang yang telah membantu mengevakuasi para warga terkena dampak banjir di Padangpariaman ataupun longsor. “Semua korban longsor yang tertimbun di Tanahtaban, sudah dievakuasi. Terima kasih kepada Polres, Dandim, BPBD,Tagana, Satpol PP, Kepala Haikal, LAMI, LMP dan masih banyak lain pihak yang membantu,” ucap Suhatri Bur.

BACA JUGA:  Tips Sukses Pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021 Hari Ini

Bupati pun mengimbau seluruh masyarakat Padangpariaman agar selalu siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrim, yang berpotensi banjir, longsor, angin kencang, pohon tumbang dan gelombang tinggi. (da.)

Dampak Banjir di Padangpariaman

Sebanyak 27 korong yang terdapat di 17 nagari di Padangpariaman yang terdampak banjir.

  • Sekitar 379 rumah terendam
  • 10 rumah rusak
  • 1 fasilitas pendidikan terdampak
  • Sekitar 80 hektare sawah terdampak
  • 1 masjid terdampak

Dampak Longsor di Padangpariaman

Korban Jiwa

  • Bajisokhi Ndruru, (47 tahun)
  • Yernis Gowasa, (41 tahun)
  • Pianus Ndruru, (29 tahun)
  • Esnimar Ndruru, (19 tahun)
  • Aldi Firman Ndruru, (11 tahun)
  • Wita Sriwahyuni Ndruru, (8 tahun)
  • Putri Cahyani Ndruru (7 tahun)

Bangunan dan Infrastruktur Terdampak

  • 1 rumah dan 1 gudang tembok rusak
  • 6 titik badan jalan tertimbun

 


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan