Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Partisipasi Pilwana Paritmalintang 2021 Harus Tinggi

  • Bagikan
partisipasi pilwana paritmalintang 2021
Ketua dan Sekretaris Panitia Pilwana Paritmalintang, Efanurza (kiri) dan Romer Makrius. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Partisipasi Pilwana Paritmalintang menjadi fokus Panitia Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Paritmalintang, Kecamatan Enamlingkung. Pasalnya, waktu pemilihan sudah sangat dekat, yakni Minggu (31/10).

Untuk itu, dalam 2 hari ini Panitia Pilwana Paritmalintang bakal semakin getol menyuarakan ajakan ke tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga, tidak ada masyarakat di Nagari Paritmalintang menyia-nyiakan hak pilihnya.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Panitia Pilwana Paritmalintang, Efanurza. Ia berharap, partisipasi Pilwana Paritmalintang harus menjadi rujukan di Padangpariaman. Sebab, Paritmalintang membutuhkan wali nagari yang benar-benar hasil pemilihan maksimal.

“Nagari Paritmalintang ini kan pusat Kabupaten Padangpariaman. Makanya kita usahakan tingkat demokrasi masyarakat harus tinggi di sini. Kita berharap pemilik hak pilih berpartisipasi dengan datang ke TPS Minggu, 31 Oktober 2021,” harap Efanurza yang didampingi Sekretaris Panitia Pilwana Paritmalintang, Romer Makrius.

Ia menjelaskan bahwa Pilwana Paritmalintang diikut 5 calon wali nagari (cawana). Yakni Winespi, Nursyamsi, Afet M, Sudirman, dan Muhammad Idris. “Nagari Paritmalintang memiliki 9 korong. Jadi, jumlah TPS yang kita sediakan di nagari ini sebanyak 14 TPS,” kata Efanurza.

Efanurza pun menjelaskan bahwa jumlah pemilik hak pilih di Nagari Paritmalintang cukup banyak, yaitu 4.602 orang. Ia berharap, pemilik hak pilih itu menyalurkan haknya Minggu (31/10)

“Semakin tinggi partisipasi Pilwana Paritmalintang, tentunya bisa menghasilkan wali nagari sesuai harapan masyarakat nagari,” hematnya.

Tolok ukur lain Nagari Paritmalintang berada pusat pemerintahan di Padangpariaman, lanjutnya, sudah tentu membutuhkan wali nagari yang siap bekerja dan berpikir ekstra. Hal itu agar Paritmalintang menjadi semakin maju sebagai IKK Padangpariaman.

“Masih banyak aspirasi masyarakat Paritmalintang yang harus diakomodir dan diperjuangkan oleh wali nagari. Makanya, wali nagari hasil pilwana dengan partisipasi tinggi sangat dibutuhkan di nagari ini,” ujar Efanurza.

Apabila partisipasi Pilwana Paritmalintang tinggi, dalam artian seluruh hak suara disalurkan ke TPS, menurutnya bukti masyarakat memiliki kepedulian terhadap nagari. Sehingga, mereka pasti akan kontrol dengan kebijakan-kebijakan nagari ke depannya.

“Makanya, mulailah mengontrol nagari dengan datang ke TPS. Pilih calon wali nagari yang menurut bapak, ibu, dan para dansanak tepat untuk memajukan Nagari Paritmalintang ke depannya,” ajak Efanurza diakhir wawancara. (da.)

Baca berita Kabupaten Padangpariaman hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan