Pilwanag Serentak di Padangpariaman Diikuti 29 Nagari

  • Bagikan
Pilwanag Serentak di Padangpariaman
Kepala DPMD Padangpariaman, Erman. Ia menjelaskan bahwa 29 nagari bakal mengikuti Pilwanag Serentak di Padangpariaman. (Foto: Dok Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Pilwanag Serentak di Padangpariaman bakal diikuti 29 nagari yang berasal dari 14 kecamatan di Ranah Saiyo Sakato tersebut. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Padangpariaman, Erman, di ruang kerjanya, kemarin.

Katanya, nagari yang bakal mengikuti Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Serentak di Padangpariaman tersebut, yakni Nagari Balahaie, Sungaisariak, dan Lareh Nan Panjang yang berada di Kecamatan VII Koto. Lalu Nagari Ulakan di Kecamatan Ulakantapakih, serta Nagari Sunua di Kecamatan Nansabaris.

Selanjutnya Nagari Toboh Gadang dan Sintuk di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, serta Kapalohilalang di Kecamatan 2×11 Kayutanam. Sedangkan di Kecamatan Enamlingkug diikuti Nagari Pakandangan, Paritmalintang, dan Koto Tinggi. Lalu di Kecamatan 2×11 Enamlingkung ada Nagari Lubukpandan, Sungaiasam, dan Sicincin.

BACA JUGA:  Antisipasi Stunting di Agam, Pemerintah Kucurkan Rp 1 Miliar

Sementara itu, di Kecamatan Sungailimau, nagari yang mengikuti Pilwanag Serentak di Padangpariaman yaitu Pilubang dan Kuranjihilir. Sedangkan Kecamatan Batanggasan diikuti oleh Nagari Gasangadang dan Malai V Suku. “Nagari lainnya itu III Koto Aurmalintang Selatan dan III Koto Aur Malintang Utara di Kecamatan IV Koto Aurmalintang. Lalu Nagari Kuranjihulu di Kecamatan Sungaigeringging,” ujar Erman.

Selanjutnya di V Koto Kampung Dalam, katanya Pilwanag Serentak di Padangpariaman diikuti Nagari Campago dan Sikucur. Dan di V Koto Timur ikut Nagari Kudugantiang, Gunung Padang Alai, dan Limaupuruik. “Terakhir dari Kecamatan Padangsago ikut Nagari Kotobaru, Batukalang, dan Kotodalam,” paparnya.

Agenda

Erman menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan pilwanag serentak tersebut. Sebab, tahap pencalonan sudah dimulai 1 Juni 2021. Tepatnya 1-18 Juni dilakukan pengumuman dan pendaftaran calon wali nagari. “Selanjutnya pada 19-30 Agustus dilakukan penelitian kelengkapan dan keabsahan persyaratan administrasi, penelitian berkas perbaikan persyaratan, dan terakhir pengumuman hasil penetapan para calon,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Calon Pejabat Baru di Padangpariaman Sudah Ditetapkan

Di samping itu, lanjutnya, 29 Juni hingga 5 Agustus juga dilaksanakan tahapan pendaftaran pemilih, penyusunan dan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tambahan, dan terakhir Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Memasuki bulan September 2021, tepatnya di tanggal 8-14 dilakukan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” katanya.

Agenda berikutnya bakal dilanjutkan pada tanggal 24 Oktober 2021, yakni untuk masa kampanye para calon wali nagari. “Waktu kampanye ini diberikan hingga 28 Oktober. Jadi, 29 Oktober sudah masuk masa tenang Pilwanag Serentak di Padangpariaman, karena pemilihan dilakukan 31 Oktober 2021,” tukas Erman.

Di sisi lain, Kabag Humas dan Protokol Padangpariaman, Anton Wira Tanjung, berkomitmen bakal ikut menyukseskan Pilwanag Serentak di Padangpariaman. Yakni dengan memaksimalkan sosialisasi melalui media mitra kepada masyarakat. “Ini adalah agenda besar yang harus kita sukseskan bersama,” ucap Anton. (da.)

  • Bagikan