Kamis, 9 Februari 2023

Datiak.com

Berita Terbaru Hari Ini dan Informasi Terkini

Contoh Proposal Permohonan Dana: Rujuk 6 Model Ini, Usulan Pasti Diterima!

627 pembaca
Referensi contoh proposal permohonan dana penting untuk dibaca, untuk membuat proposal permohonan dana yang baik dan benar. Tentunya, proposal yang diakomodir langsung oleh pihak tempat permohonan disampaikan/donatur.

Setidaknya, dengan melihat beberapa contoh proposal permohonan dana, Anda tidak asal-asalan dalam menyusunnya. Sehingga, hasilnya usulan Anda sia-sia karena tidak ditanggapi calon donatur.

Untuk itu, Anda harus jeli dalam membuat proposal permohonan dana. Hal itu dapat membuat calon donatur terdorong, bahkan memiliki keinginan tinggi mengabulkan permohonan Anda. Sehingga, calon sponsor atau donatur yang Anda tuju, langsung mengabulkannya.

Umumnya, hal paling penting dalam proposal permohonan dana yaitu teknik penulisan, pola, dan hindari salah ketik. Penyampaiannya juga mesti pasti, gampang dipahami, dan detail.

Dengan demikian, proposal permohonan dana yang Anda usulkan, terbuka lebar untuk diterima. Berikut 7 contoh proposal permohonan dana yang baik dan benar, sehingga mumpuni dalam penggalaan dukungan sponsor/donatur.

1. Contoh Proposal Permohonan Dana untuk Usaha
I. Latar Belakang

Daerah Nelayan Sukabumi adalah perkampungan yang beberapa penduduknya profesinya selaku nelayan. Mata pencarian mereka tergantung pada laut dan cuaca yang terakhir ini lagi pada keadaan buruk.

Untuk memperbanyak pendapatan, banyak ibu-ibu dan remaja menolong suami mereka budidaya ikan hias, untuk dipasarkan ke perkotaan. Tetapi, hal semacam itu dihadapkan dengan sejumlah kendala.

Salah satu kendala yang saat ini berlangsung yaitu pendanaan untuk pembelian bibit ikan hias dan sarana penopang. Akibatnya, cukup banyak masyarakat Daerah Nelayan yang sulit meningkatkan usaha mereka di tengah terus meningkatnya keinginan pelanggan.

II. Tujuan

Dengan singkat, Kami jelaskan tujuan barisan nelayan dan ibu-ibu rumah tangga menekuni budidaya ikan hias di Daerah Nelayan Sukabumi:

  • Menolong memperbanyak pendapatan di tengah cuaca laut yang tengah buruk;
  • Mengganti sudut pandang kalau budidaya ikan hias cukup menguntungkan;
  • Memperbanyak pekerjaan positif untuk banyak ibu rumah tangga;
  • Memupuk rasa kerja-sama dan kebersamaan sama-sama nelayan.
III. Kendala

Budidaya ikan hias di Daerah Nelayan jalan efisien dan sempat meningkat drastis permintaan pelanggannya. Namun, saat ini ada sekian banyak kendala yang dirasakan beberapa masyarakat. Setidakya, kendala itu sebagai berikut:

  • Tidak terdapatnya sarana penopang yang semestinya;
  • Harga bibit ikan yang tambah mahal;
  • Tidak terdapatnya modal untuk pemasokan perlengkapan;
  • Minimnya pengarahan dan arahan dari banyak pakar berkaitan budidaya ikan hias.
IV. Daftar Kebutuhan

Buat daftar kebutuhan ini dengan baik dan serinci mungkin. Sehingga, calon donatur Anda jelas sisi apa yang akan dibantunya. Lalu, lampirkan daftar kebutuhan di bagian akhir proposal.

V. Penutup

Masyarakat Daerah Nelayan Sukabumi sangatlah semangat dengan program budidaya ikan hias. Sembari menanti cuaca lebih baik untuk melaut (menangkap ikan), mereka mengharapkan adanya dukungan sarana dan perlengkapan penopang untuk budidaya ikan hias. Besar harapan proposal pengajuan dana untuk pekerjaan usaha ini diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *