Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

61 Pekerja Tol Padang-Sicincin Masuk DPTb Kecamatan Anam Lingkuang

Foto bersama peserta Rakernis Panwascam Anam Lingkuang yang membahas tentang pemungutan dan penghitungan suara kepada Petugas TPS (PTPS) di Pakandangan, Selasa (6/2/2024). (Foto: Panwascam Anam Lingkuang)
112 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Sebanyak 61 pekerja Tol Padang-Sicincin masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Pendaftaran ini dilakukan dalam rangka pemilihan yang digelar 14 Februari 2024 ini.

61 orang pemilih tambahan tersebut, mendaftar lewat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Anam Lingkuang. Jadi, mereka akan didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Nagari Parik Malintang, yang berdekatan dengan tempat tinggal sementara mereka.

Ketua PPK Anam Lingkuang, Zakky Novembri, mengungkapkan informasi ini dalam rapat kerja teknis (rakernis) dengan Panwascam Anam Lingkuang, tentang pemungutan dan penghitungan suara kepada Petugas TPS (PTPS) di Pakandangan, Selasa (6/2/2024).

Zakky menyebutkan, pendaftaran masih terus berlangsung, dan pemilih tambahan tersebut memiliki alasan yang sesuai syarat untuk pindah memilih.

“Ada 4 alasan pindah memilih, termasuk bertugas di tempat lain saat pemilihan. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan instansi atau perusahaan, dan dicap basah,” jelasnya.

Seiring dengan pemilihan tambahan dari pekerja Tol Padang-Sicincin ini, PTPS dan KPPS perlu melakukan persiapan tambahan untuk menjamin kelancaran proses pemilihan.

Hal ini menjadi relevan mengingat PT Hutama Karya telah mengerahkan lebih dari 1.000 pekerja untuk percepatan pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I Padang-Sicincin.

“Mayoritas pekerja berasal dari Pulau Jawa, dan diperkirakan tidak akan pulang ke kampung halaman saat pemilihan berlangsung,” ucapnya.

Pemilihan ini menciptakan tantangan tersendiri. Dengan adanya pemilih tambahan dari kalangan pekerja Tol Padang-Sicincin, keberhasilan dan keakuratan proses pemungutan suara menjadi perhatian utama PPK Anam Lingkuang. (*)