Virgin Galactic Membuka Rekreasi ke Luar Angkasa Tahun 2023

  • Bagikan
Virgin Galactic
Virgin Galactic bakal membuka pelayanan rekreasi ke luar angkasa di tahun 2023. (Foto: Dok. Virgin Galactic)

Jakarta | Datiak.com – Perusahaan dirgantara Virgin Galactic, terus menyiapkan diri untuk buka pelayanan rekreasi ke luar angkasa. Siapa ingin menikmati rekreasi luar angkasa? Periksa dahulu berapa biayanya. Sebab, ongkosnya bikin geleng-geleng kepala.

Virgin Galactic sedang siap-siap untuk melayani rekreasi perjalanan ke arah luar angkasa. Dalam informasi yang terkini, Virgin Galactic menjelaskan jika perusahaan terus menangani semua masalah berkaitan rantai suplai dan tenaga kerja.

“Kami mengharap bisa kembali lagi ke luar angkasa pada kwartal ke-4 dan mengeluarkan service komersil pada kwartal pertama tahun depannya,” tutur mereka dikutip TechCrunch, Minggu (8/5).

Untuk yang tertarik dengan rekreasi luar angkasa yang dijajakan Virgin Galactic, harus memiliki uang sejumlah USD 450 ribu atau Rp 6,5 miliar sama dengan untuk sekali perjalanan.

Walau harga setinggi langit, perusahaan mengeklaim jika sekarang ini telah banyak orang yang berbaris untuk nikmati rekreasi luar angkasa itu. Sekitar 800 orang sudah pesan ingin rasakan kesan sesaat ke antariksa.

Penerbangan luar angkasa berawak penuh pertama dilaksanakan Virgin Galactic berjalan pada Juli 2021. Saat itu pendiri Richard Branson langsung mencobanya. Perusahaan sudah kembali membuka pemasaran ticket untuk konsumen setia dengan singkat 2x semenjak penerbangan waktu itu, meningkatkan harga dari tingkat penerbangan sebesar USD 250 ribu.

Untuk bawa ke antariksa, penumpang akan naiki VSS Unity yang nanti tinggal landas di bawah sayap pesawat pengangkut yang disebutkan VMS Eve. Saat pasangan capai ketinggian sekitaran 50.000 kaki (15.000 meter), Unity jatuh bebas dan terbang ke ruangan suborbital di bawah kemampuan motor roketnya sendiri.

Sekitar enam penumpang dan dua pilot bisa ke ruangan suborbital sekalian. VSS Unity sudah terbang ke tepian akhir 4x selama ini, yang mana semua masih juga dalam tahapan tes terbang. Unity sekarang ini disetop karena tugas perawatan dan kenaikan pada VMS Eve, yang diprediksi akan bersambung sampai tengah tahun ini.

Kompetitor Virgin Galactic, yaitu Blue Origin yang digerakkan Jeff Bezos telah terlebih dahulu bawa masyarakat sipil ke ruangan suborbital dengan New Shepard. Terdaftar, telah 4x penerbangan dilaksanakan Blue Origin akan rekreasi ke luar angkasa itu. (da.)

  • Bagikan