Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Umat Muslim di Bukittinggi Berkobar Mendukung Perjuangan Palestina

Aksi bela Palestina yang diadakan umat muslim Bukittinggi di Pelantaran Jam Gadang, beberapa waktu lalu. (Foto: Mhd Amin Ahbab/Facebook)
170 pembaca

Bukittinggi | Datiak.com – Umat muslim di Bukittinggi begitu berkobar mendukung perjuangan Palestina mencapai kemerdekaan. Aksi solidaritas dan dukungan terhadap perjuangan umat muslim di Palestina sangat ramai di Kota Bukittinggi itu.

Umat muslim di Bukittinggi aktif menggelar kegiatan seperti penggalangan dana dan doa bersama di Jam Gadang sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Sikap itupun didukung penuh Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar. Bahkan, Wali Kota Bukittinggi mengeluarkan Surat Edaran (SE) dengan nomor 400/10325/Kesra/XI-2023 tanggal 23 November 2023.

Langkah tersebut diambil dalam menindaklanjuti Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 yang dikeluarkan pada 8 November 2023, mengenai Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina.

Dalam SE itu, umat muslim di Bukittinggi diajak mendukung dengan cara menggalang dana kemanusiaan, mendoakan kemenangan, dan melaksanakan shalat ghaib untuk para syuhada Palestina.

Wali Kota juga meminta dukungan dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi, kantor/lembaga, organisasi masyarakat (ormas), pengurus masjid, serta seluruh warga Kota Bukittinggi.

Selain itu, Erman Safar juga menyarankan agar warga sebisa mungkin menggunakan produk dalam negeri. Warga diimbau untuk menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel atau mendukung penjajahan dan zionisme.

“Kepada kepala OPD, instansi, kantor, lembaga, serta seluruh ASN, menjadi teladan dalam menjalankan himbauan ini. Agar setiap muslim dan pihak yang memerlukan dapat mengetahuinya,” tulis Erman dalam surat edarannya itu. (*)

surat edaran wali kota bukittinggi sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan palestina