Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Tempat Wisata di Bangka Belitung, Pesona 20 Objek yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Bangka Belitung sangat dikenal dengan keindahan pantainya. (Foto: IST)
2459 pembaca

Tempat wisata di Bangka Belitung tawarkan pengalaman berlibur di kepulauan yang membahagiakan. Bangka Belitung adalah provinsi kepulauan yang berada di Indonesia. Tempat ini termasyhur sebutannya sebagai “Negeri Laskar Pelangi”. Di mana saja objek wisata di Bangka Belitung itu?

Tempat wisata di Bangka Belitung terpapar di deretan pantainya yang mempesona. Tak cuma pantai, objek wisata di Bangka Belitung menyebar di sejumlah pulau kecil yang mengagumkan. Keseluruhan 470 pulau yang berada di Bangka Belitung. Tempat wisata di Bangka Belitung tentunya tidak akan membosankan saat didatangi.

Ada beberapa objek wisata di Bangka Belitung yang dapat dikunjungi. Tempat wisata di Bangka Belitung juga mulai digalakkan promonya oleh Kementerian Pariwisata. Berikut 20 objek wisata di Bangka Belitung, yang dirangkum Datiak.com dari beragam sumber.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah objek wisata di Bangka Belitung yang termasyhur dalam film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Pantai Tanjung tinggi dikempit oleh dua semenanjung. Yakni tanjung Kelayang dan tanjung Kubur. Terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, dan memiliki jarak sekitaran 31 km dari Kota Tanjung Pandan.

Keutamaan dari pantai berpasir putih ini yakni beberapa ratus batu granit besar yang menyebar di kedua  semenanjung, juga di laut di muka pantai. Ukuran granit itu dimulai dengan sejumlah meter kubik sampai beberapa ratus meter kubik. Bahkan, ada yang lebih besar dari ukuran rumah.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang punyai batu-batuan granit super besar. Mempunyai bentuk sangatlah serupa dengan kepala burung garuda. Pada 2016 yang lalu, tempat wisata di Bangka Belitung ini ditetetapkan pemerintahan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata. Pasalnya, pantai Tanjung Kelayang jadi satu di antara objek wisata di Bangka Belitung paling populer.

3. Pantai Matras

Pantai Matras adalah satu di antaranya tempat wisata di Bangka Belitung yang banyak didatangi pengunjung. Akses lokasinya gampang dicapai. Biaya yang terjangkau membuat pantai ini disebut sebagai pantai rakyat. Pantai Matras adalah pantai paling panjang di Pulau Bangka. Pantai ini punyai panorama batu granit unik Bangka Belitung, pohon-pohonan kelapa, laut yang bening, dan sungai air tawar yang alami.

4. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri adalah satu di antaranya pantai unggulan yang dipunyai Pulau Bangka. Pantai ini punyai kontur tanah yang agak miring, dengan ombak yang relatif kecil. Bentangan pasir putih bersih dan batu-batuan granit alami, menjadikan tiap mata termanjakan akan daya pikatnya. Di sini pengunjung bisa juga nikmati aktivitas wisata bahari, seperti memancing, menyelam di terumbu karang, atau naik banana boat.