Iklan Melayang
Iklan Melayang

Pakar Pembangunan Kaget Melihat Tarok City

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni menjelaskan setiap sisi Tarok City kepada pakar pembangunan yang tergabung dalam TAGB Sumbar. (Foto: HUmas)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni dikunjungi sejumlah pakar pembangunan, Selasa (16/6). Yakni Prof. Idris, Prof. Nafysar Carlo, Prof. Jafrial Tanjung, Prof. Zaidir, Dr. Nengah Tella, dan Ir. Nasirman Chan. Kedatangan para ahli yang tergabung dalam Tim Ahli Bangunan Gedung (TAGB) Sumbar itu, untuk melihat perkembangan pembangunan di Padangpariaman.

Otomatis, Ali Mukhni langsung mengajak mereka meninjau pembangunan di daerah Saiyo Sakato tersebut. Salah satunya ke Kawasan Pendidikan Terpadu (KPT) Tarok City, di Korong Tarok, Nagari Kapalohilala, Kecamatan 2×11 Kayutanam.

banner 336x280

Sesampainya di Tarok City, akademisi bidang pembangunan itupun terkagum. Mereka sangat mengapresiasi gagasan Ali Mukhni tersebut. Menurut mereka, Tarok City pasti bisa membuat perekonomian Padangpariaman meningkat sangat pesat.

“Konsep (Tarok City, Red) ini sangat bagus. Sebab terintegrasi dengan Tol, jalan arteri, jalan nasional, bahkan dilintasi kereta api. Ini sudah pasti membuat kawasan ini tumbuh pesat, karena banyak aktivitas yang meningkatkan perekonomian nanti, seperti perdagaangan,” hemat Prof. Nasirman Chan.

Hal itu dibenarkan oleh Prof Zaidir. Meski baru pertama kali melihat ke dalam Tarok City, ia sudah mendapat gambaran betapa potensialnya kawasan itu ke depan untuk kesejahteraan Padangpariaman.

“Selama ini saya hanya lewat saja di Jalan Padang-Bukittinggi. Sekarang saya lihat langsung ke dalam, jalannya dibuka hingga 70 meter. Ke depan ini akan menjadi kawasan yang sangat menjanjikan dan akan berkembang dengan cepat. Mudah-mudahan niat bupati menjadi kawasan ini daerah pertumbuhan ekonomi baru akan segera tercapai,” katanya.

Beri Masukan

Sedangkan Prof. Jafrial Tanjung sebagai ahli kontruksi sipil Universitas Andalas, menilai bahwa dengan kontur tanah di Tarok City sangat layak didirikan berbagai model konstruksi bangunan. Baik bertingkat maupun bangunan konstruksi sedang.

Prof. Nafysar Carlo selaku tim validasi KLHS, AMDAL, RPJMD diberbagai daerah di Sumbar, bahkan memastikan bakal membantu Bupati Padangpariaman. “Kami akan terus mendukung pembangunan di Padangpariaman dan akan membantu Bupati dalam perencanaan daerah demi kemajuan Padangpariaman ini,” janjinya.

Apresiasi juga disampaikan Prof. Idris selaku Wakil Ketua TABG. Ia memastikan bakal mengawal dari awal perencanaan, konstruksi hingga maintenance-nya, sehingga perlu TABG dibentuk di Padangpariaman sebagai penelaah dan masukan dalam kebijakan pemerintahan.

Terakhir dukungan disampaikan oleh Dr. Nengah Tella yang dikenal sebagai ahli arsitektur dan Dekan FTSP Universitas Bung Hatta. Ia menyarankan Ali Mukhni membuat model bangunan yang modern dengan sentuhan arsitektur bagonjong di sana nantinya.

Menyikapi hal itu, Ali Mukhni sangat berterima kasih. Ia merasa sangat beruntung telah dikunjungi profesor ahli di bidang pembangunan. Mulai dari ahli arsitektur, KLHS, struktur, AMDAL hingga ahli perencanaan RPJMD.

“Ini tentu suatu anugerah terbesar yang kami peroleh hari ini. Masukan dari bapak-bapak para pakar pembangunan sangat bermanfaat untuk kemajuan Padangpariaman ke depannya,” ujar Ali Mukhni. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan