Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Nagari Lubukalung Kabupaten Padangpariaman

  • Bagikan
Nagari Lubukalung Kabupaten Padangpariaman

Padangpariaman | Datiak.com – Nagari Lubukalung terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman, Provinsi Sumatera Barat. Nagari ini memiliki luas 21,12 kilometer persegi.

Di nagari berjulukan LA ini, terdapat delapan korong. Yakni Korong Ganting, Koto Buruk, Padang Baru, Kayu Gadang, Surantiah, Pasa Mudik, Kampuang Tarandam, dan Kabun Kopi.

Sebelumnya, Nagari Lubukalung termasuk nagari paling luas di Padangpariaman. Namun di tahun 2011, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman berhasil memekarkan Lubuk Alung, sehingga terbentuk Nagari Pasie Laweh, Pungguang Kasiak, Sikabu, dan Aie Tajun.

Lalu di tahun 2016, pemekaran Nagari Lubukalung kembali dilakukan dengan melahirkan 4 nagari baru. Yakni Nagari Balah Hilia, Sungai Abang, Singguling, dan Salibutan.

Jarak Nagari Lubukalung dari pusat Kecamatan Lubuk Alung sekitar 4 km. Sedangkan dari pusat Kabupaten Padangpariaman sekitar 12 kilometer. Lalu dari pusat Provinsi Sumatera Barat (Padang) jaraknya sekitar 36 kilometer.

Tahun 2018, di Lubuk Alung tercatat sebanyak 5.849 rumah tangga. Jumlah penduduknya sebanyak 26.119 jiwa. Yakni 13.150 orang laki-laki dan 12.969 orang perempuan.

Ekonomi Nagari Lubukalung

Mata pencarian masyarakat Nagari Lubukalung sebagian besar di sektor pertanian sebanyak 70 persen dan 30 persen di sektor perdagangan, jasa, pengrajin dan guru. Dari 70 persen petaninya bergerak di bidang pertanian, peternakan, sawah, kebun/ladang, perikanan darat, perikanan sungai serta pekerja buruh tani maupun buruh bangunan.

Setelah pemekaran tahun 2016, nagari ini tidak lagi memiliki fasilitas kesehatan berupa Puskesmas. Sebab, Puskesmas Lubuk Alung masuk ke dalam wilayah Nagari Sungai Abang.

Walau begitu, kini berjalan layanan kesehatan sebanyak 6 lokasi posyandu yang tersebar di beberapa korong-nya. Selain itu juga terdapat sejumlah tenaga medis di sana. Yakni 15 orang bidan/perawat. Lalu terdapat pula 1 orang dukun beranak.

Untuk tempat ibadah, di Lubuk Alung terdapat sebanyak 5 masjid dan 19 musala yang tersebar di seluruh korong-nya. (da.)


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan