Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kinerja Keuangan Padangpariaman Bergelimang Prestasi

  • Bagikan
Pjs Bupati Adib Alfikri, Kasatgas Korgah KPK RI Sugeng Basuki dan Inspektur Hendra Aswara saat rakor Pencegahan Korupsi di Hall IKK Padangpariaman, Kamis (26/11). Adib menjelaskan bahwa kinerja pengelolaan keuangan Padangpariaman berhasil memperoleh sejumlah prestasi. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Padangpariaman, Adib Alfikri, menilai bahwa kinerja keuangan Padangpariaman bergelimang prestasi. Hal itu ia sampaikan Adib dalam Rakor Pencegahan Korupsi, Monitoring, dan Optimalisasi Penerimaan Daerah, Manajemen Aset Daerah serta Capaian Nilai MCP, Kamis (26/11).

“Kami mengucapkan selamat datang kepada Tim KPK RI. Kehadiran tim KPK RI, menjadi penyemangat kami dalam pencegahan korupsi,” kata Adib yang didampingi Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara, dalam rakor yang digelar di Hall IKK Padangpariaman tersebut.

Adib menjelaskan bahwa kinerja keuangan Padangpariaman telah mencapai berbagai prestasi. Di antaranya meraih nilai B atas evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) oleh Kementerian PAN-RB, lalu Opini WTP 7 kali dari BPK Perwakilan Sumbar terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

BACA JUGA:  Masih Zona Kuning, Agam Tunda Pembelajaran Tatap Muka

“Tahun 2020 ini, Pemkab Padangpariaman menargetkan nilai SAKIP meningkat menjadi BB. Termasuk LKPD-nya kembali mendapati Opini WTP,” ucap Adib yang kini juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Sumbar tersebut.

Sedangkan Hendra Aswara mengatakan, program Korsupgah KPK tahun 2020 di Padangpariaman sudah mencapai 56,34 persen. Nilai tersebut mencakup delapan area intervensi yang ditetapkan. Yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kapabilitas APIP, managemen ASN, dana desa, optimalisasi pendapatan daerah, serta managemen aset daerah.

“Evaluasi terhadap pelaporan dilakukan setiap bulan yang dikoordinir oleh Inspektorat. Insya Allah, sesuai arahan bupati, kita berkomitmen dalam peningkatan capaian program Korsupgah KPK tahun 2020,” ujar Jebolan STPDN Angkatan XI tersebut.

BACA JUGA:  Permintaan Ikan Asin Mentawai Kembali Melonjak
Tanggapan Kasatgas KPK

Menyikapi itu, Kasatgas Korgah KPK Wilayah IX, Sugeng Basuki, menjelaskan bahwa rencana aksi pencegahan korupsi merupakan bagian dari kegiatan pemberantasan korupsi terintegrasi, yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Program ini sebagai alat melaksanakan monitoring dan evaluasi atas progres rencana aksi yang dilaksanakan pemerintah daerah. Pelaksanaannya menjadi maksimal karena didukung aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP) Korsupgah yang akan diupdate dan dipantau.

“Kita apresiasi komitmen dan semangat Padangpariaman dalam upaya pencegahan korupsi dan memperbaiki nilai MCP setiap tahun,” kata Sugeng. (da.)

  • Bagikan