Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Gubernur Pembangunan Tol Selesai 2024, Warga: Selesaikan Saja Lahan

Pengerjaan Tol Padang-Pekanbaru di Nagari Buayan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Ruas tol ini bakal berada tepat di atas Jalan Raya Padang-Bukittinggi di sana. (DatiakFoto)
160 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Target pembangunan tol selesai 2024 sebagaimana disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, ternyata tak begitu direspon positif. Hal itu karena masyarakat melihat realita di lapangan.

Beberapa warga yang diwawancarai Datiak.com menilai, Gubernur Sumbar tak semestinya mengisukan Tol Padang-Sicincin dapat rampung jelang Lebaran 2024. Sebab, tol tidak dikerjakan oleh Pemprov Sumbar.

“Tol itu proyek nasional. Kalau tahun yang di Sumbar ini tidak diprioritaskan bagaimana? Jadi malu kan bapak Gubernur karena sudah membual ke masyarakat?” cetus Herman, seorang warga di Batang Anai saat bincang santai dengan Datiak.com di salah satu warung.

Ia menilai, masyarakat sudah sangat kecewa dengan pembangunan tol di Sumbar. Mulai dari pembebasan lahan yang berlangsung sangat lama. Sehingga, masyarakat menjadi pesimis tol dapat selesai dengan cepat.

“Kalau kita bandingkan dengan Riau, pastinya kita sangat malu. Mereka tidak banyak omong dan target-targetan. Tapi buktinya selesai. Itu yang penting,” tegas pria empat anak itu.

Menurutnya, alangkah elok Pemprov Sumbar membuktikan dapat menyelesaikan lahan dengan cepat. Sehingga, secara otomatis pembangunan tol di Sumbar menjadi terikat.

“Kalau semua lahan di Sumbar ini sudah bebas, pastinya pemerintah sudah terikat juga. Dan sudah pasti pembangunan tol di Sumbar selalu diprioritaskan, lantaran anggaran banyak yang telah dikucurkan untuk pembebasan lahan,” cermatnya.

Jadi, sambungnya, Gubernur Sumbar bukan malah membual ke masyarakat terkait target pembangunan tol selesai 2024. Sebab, pekerjaan pemprov bukan soal pembangunan tol, tetapi pembebasan lahannya.

“Jadi, cerdaslah kita dalam pencitraan. Kita ke mana-mana bicaranya akal sehat. Kita intelektual. Tetapi orang mendengar ucapkan kita seperti sedang melawak,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Sumbar Mahyeldi memang pernah mengungkapkan terkait target pembangunan tol selesai 2024. Bahkan, ia optimis target itu tercapai sebelum Lebaran tahun depan.

Meskipun, sampai sekarang tidak ada pernyataan pasti dari PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) bahwa target Gubernur Sumbar tersebut dapat tercapai.

Namun, dari penjelasan Petugas Pembebasan Lahan dan Hubungan Masyarakat PT HKI, Andi Prahmana kepada Datiak.com beberapa waktu lalu, pihaknya memang diberi target pembangunan tol selesai 2024.

“Kalau bulan berapanya kita belum bisa menentukan. Yang pasti memang targetnya Tol Padang-Sicincin ini selesai tahun 2024,” ujar Andi. (*)