Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Target Tol Padang-Sicincin Selesai Jelang Lebaran 2024 Mustahil?

Pembangunan ruas Tol Padang-Pekanbaru di Nagari Buayan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Ruas ini bakal melintas di atas Jalan Raya Padang-Bukittinggi. (DatiakFoto)
169 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Gubernur Sumbar, Mahyeldi, sempat memasang target Tol Padang-Sicincin selesai jelang Lebaran 2024. Namun, bagaimana fakta di lapangan terkait progres pembangunan tol tersebut?

Pantauan Datiak.com, pembangunan Tol Padang-Sicincin memang terus berlangsung. Hanya saja, belum terlihat progres yang sangat signifikan dari pembangunannya.

Masih banyak terlihat ruas tol yang belum dibangun. Jadi, jalan bebas hambatan itu masih tampak putus-putus. Misalnya saja dari Kecamatan Batang Anai ke Lubuak Alung.

Roni (37) salah seorang warga Batang Anai yang ditanyai Datiak.com, juga menilai ragu target Tol Padang-Sicincin selesai di awal tahun depan atau jelang Labaran 2024 dapat tercapai.

“Kayaknya masih banyak yang harus dibangun, ya. Apa mungkin bisa terkejar. Kayaknya mustahil, karena ini yang dibangun bukan jalan desa ya,” hematnya sembari tersenyum, Sabtu (16/12/2023).

Hal serupa juga dikemukakan Indra Yanto (41), warga Lubuak Aluang. Ia melihat banyak infrastruktur Tol Padang-Sicincin yang belum dibangun. Jadi, mustahil dapat selesai awal 2024.

“Katanya ada exit tol di Palak Atok Lubuak Aluang ini. Tapi belum terlihat pembangunannya. Padahal kalau dikaitkan dengan jalan tol ini, cukup jauh ya. Jadi, sudah pasti butuh waktu lama juga mengerjakannya,” jelasnya.

Cukup banyak warga yang mengaku pesimis tol di Padang Pariaman itu dapat rampung jelang Lebaran 2024. “Akhir tahun 2024 saja, masih ragu kita bisa selesai,” ujar beberapa mahasiswa yang ditanyai Datiak.com di salah satu warung di Lubuk Alung, Sabtu (16/12/2023).

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi sangat optimis Tol Padang-Sicincin dapat rampung awal tahun 2024. Dengan begitu, masyarakat sudah bisa menikmatinya saat Lebaran 2024 mendatang.

Hanya saja, pihak HKI sendiri tidak memberikan kepastian demikian. Namun, HKI mengungkapkan bahwa pihaknya diberi target Tol Padang-Sicincin selesai 2024.

“Yang pasti, kita memang ditargetkan tol ini selesainya 2024,” ujar Andi Prahmana, Petugas Pembebasan Lahan dan Hubungan Masyarakat PT HKI, beberapa waktu lalu. (*)