Green Talao Park Ulakan Melangkah ke 5 Besar ADWI 2022

  • Bagikan
Green Talao Park
Salah satu lokasi di Green Talao Park Nagari Ulakan yang tampak sangat indah untuk bersantai. (Foto: Diskominfo Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – Selang sekian hari dipublikasikan masuk 100 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, desa wisata Green Talao Park (GTP) di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakantapakih sukses masuk 50 besar ADWI.

“Pak menteri (Sandiaga Salahuddin Uno) mengungkapkan bahwa tahun ini lebih dari 70.000 desa wisata se-Indonesia, tetapi yang sukses masuk sebanyak 3.419 desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia,” kata Direktur BUMNag Pesisir Ulakan Madani, Syahrul Mubarak.

Disebutkan, mekanisme penilaian dewan juri diambil dari 7 kelompok penilaian. Yakni daya magnet pengunjung, homestay, toilet umum, souvenir, digital dan inovatif, CHSE dan kelembagaan. Disamping itu, termasuk kategorisasi desa wisata dan kelengkapan data di situs jadesta.kemenparekraf.go.id.

“Untuk desa wisata Green Talao Park Ulakan sendiri, dengan perolehan ini sukses melebihi prestasinya dalam gelaran ADWI awalnya, yakni masuk ke 300 besar ADWI tahun 2021. Sementara untuk kesertaan yang ke-2 , pada ADWI 2022 prestasi itu dapat naik dengan lolos ke 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia,” tutur Syahrul yang juga Ketua Bamus Nagari Ulakan.

Dalam penjelasan Menparekraf, sambungnya, desa wisata yang belum sukses, supaya terus lakukan pengembangan, penyesuaian dan kerja sama. Khususnya untuk pengisian data desa wisata pada situs Jadesta, sebagai tempat dan arah Kemenparekraf dalam pengaturan gagasan peningkatan desa-desa wisata di Indonesia.

“Dari 50 desa wisata terbaik itu, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan mengirimi perwakilan paling banyak yang masuk 50 besar, dengan 4 desa wisata terbaik. Sementara Sumatera Barat sukses loloskan 3 desa wisata terbaik, yakni Green Talao Park Ulakan dari Padangpariaman, Silokek dari Sijunjung, dan Pariangan dari Tanahdatar,” tutur Syahrul.

Di sisi lain, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Padangpariaman, Muhammad Fadhly, menjelaskan bahwa Pemkab Padangpariaman yakin desa wisata Green Talao Park Ulakan melangkah ke 5 besar. Tentu saja dengan mengikutsertakan seluruh stakeholder dalam pembimbingan dan pemantauan.

Katanya, Disparpora bakal memberikan fasilitas kepada desa wisata Green Talao Park Ulakan, dalam hadapi penjurian yang nanti langsung akan didatangi oleh Menparekraf Sandiaga Uno. “Kita akan lakukan upaya-upaya untuk penuhi aspek penilaian desa wisata sebagus mungkin. Pastinya dengan memberikan dukungan dan mendukung Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) GTP Ulakan hadapi persaingan ini,” ungkapkan Fadhly.

“Teritori ekowisata dan pembelajaran GTP Ulakan benar-benar iconic. Sebab memiliki ciri khas tertentu sebagai nilai lebih untuk Green Talao Park Ulakan untuk hadapi persaingan ini,” imbuhnya.

Pemilihan ADWI 2022 dimulai dari proses kurasi jadi 500 besar desa wisata. Selanjutnya jadi 300 desa wisata, dan dikerucutkan menjadi lagi 100 besar desa wisata. Sampai dipilih 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Untuk tahapan seterusnya, Menparekraf bersama dewan juri akan langsung melakukan penilaian ke lapangan, guna tentukan desa wisata rerbaik 5 besar. Penerapan pantauan lapangan dan penilaian, diprediksi berlangsung Mei-September 2022. (da.)


  • Bagikan