Iklan Melayang
Iklan Melayang

Gangguan Konsentrasi, Penyebab dan Solusinya

  • Bagikan
Kenali penyebab gangguan konsentrasi dan solusinya. (Ilustrasi: Istimewa)
banner 468x60

Gangguan konsentrasi sudah pasti menjadi penghambat seseorang dalam beraktivitas. Terlebih bagi orang-orang yang menjalani pekerjaan, dengan tuntutan ketekunan atau ketelitian tinggi. Makanya, tidak dapat dipungkiri apabila konsentrasi salah satu faktor penentu orang sukses atau tidaknya dalam kehidupan ini.

Beberapa sumber ahli psikologi yang Datiak.com kutip, menjelaskan bahwa konsentrasi dibutuhkan oleh seseorang dalam menangkap instruksi, melakukan analisa, menyelesaikan setiap tugas-tugas, ataupun menyelesaikan masalah. Baik dalam berfikir, berucap, bersikap, bertindak, berbuat maupun dalam bertingkah laku.

banner 336x280

Daya konsentrasi merupakan kekuatan yang luar biasa. Contohnya konsentasi orang-orang yang memiliki jiwa seni, aka ia akan mampu melahirkan karya seni yang bernilai tinggi. Atau daya konsentrasi pelajar membuatnya memperoleh nilai baik dalam setiap mata pelajaran.

Selain itu daya konsentrasi seseorang yang bergerak di bidang scientific, ia akan mampu menghasilkan penemuan-penemuan yang luar biasa. Sedangkan daya konsentrasi seorang karyawan, akan membuatnya menyelesaikan tugas dengan baik dengan minimnya kesalahan.

Lebih mengagumkan lagi daya konsentrasi para praktisi spiritual, membuat mereka menghasilkan daya supranatural, seperti tenaga dalam, kemampuan telepati, dan lain-lain. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa prestasi yang didapatkan oleh seseorang salah satunya diawali dengan kemampuannya “berkonsentrasi”.

Namun, apabila disaksikan di sekiling kita, begitu banyak orang yang sering mengalami gangguan konsentrasi. Bahkan ada yang tidak mampu berkonsentrasi sama sekali. Hal itu dapat kita lihat dari beberap aktivitas berikut:

  • Gangguan konsentrasi dalam beribadah selalu membuat seseorang sulit sekali khusyuk dalam beribadah.
  • Gangguan konsentrasi dalam bekerja tentunya membuat seseorang kesulitan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik.
  • Gangguan konsentrasi dalam belajar sudah pasti membuat pelajar sulit mendapatkan nilai-nilai yang memuaskan.
Penyebab Sulit Konsentrasi

Penyebab seseorang kesulitan untuk berkonsentrasi bisa datang dari dalam ataupun luar dirinya. Gangguan konsentrasi karena faktor internal, menurut sejumlah ahli psikologi dipicu oleh kondisi jasmani yang tidak berada dalam kondisi normal (mengalami gangguan kesehatan).

Selain itu, gangguan internal juga bisa disebabkan oleh mengantuk, lapar atau haus, gangguan panca indra, emosi kurang stabil, tidak percaya diri, dan atau stres, trauma, frustasi, depresi, psikosomatis dan neorosis.

Sedangkan faktor eksternal yang membuat seseorang sulit berkonsentrasi ruangan yang sempit dan tidak bersih, udara tidak segar atau pengap, tata letak barang yang berantakan dan berserakan, suhu udara yang terlalu panas, adanya aroma yang kurang sedap, serta kurang harmonisnya antarsesama dalam lingkungan rutinitas kita.

Meningkatkan Konsentrasi

Setelah memahami dua faktor penyebab konsentrasi itu, tentunya kita sudah bisa mendapatkan gambaran cara meningkat konsentrasi. Misalnya menyangkut kesehatan jasmani, kita harus selalu enjaga kondisi fisik agar tetap fit. Yakni dengan tidur atau istirahat yang cukup, makan dan minum sehat yang cukup, serta berolahraga yang cukup.

Sedangkan dalam hal kesehatan rohani, kita juga harus menjaga suasana hati dalam kondisi enak atau nyaman. Stabilitas kesehatan rohani itu, bisa dengan mudah dijaga dengan selalu berfikir positif. Menyenangkan hati juga bisa dilakukan dengan hobi-hobi positif yang kita senangi.

Tidak kalah penting lagi, kita harus selalu menjaga hubungan emosional dalam lingkungan rutinitas kita. Sehingga, tercipta sikap saling membutuhkan dan saling mendukung.

Menyangkut gangguan konsentrasi yang disebabkan ketidaknyamanan ruangnya, lebih mudah kita atasi dengan selalu menjaga kondisi bersih dan rapi. Lalu rutin menukar sirkulasi udara dalam ruangan tempat kita tinggal. Misalnya selalu membuka jendela dan pintu rumah setiap harinya.

Demikian penjelasan kami terkait kendala dalam berkonsentrasi dan cara mengatasinya. Semoga, artikel ini bisa menjadi pencerah dan motivasi diri untuk berbenah. Sehingga, suami, istri, dan atau anak kita, bisa berkonsentrasi dengan baik dalam setiap aktivitasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan