Iklan Melayang
Iklan Melayang

CPNS Formasi Mentawai Mulai Jalani Ujian SKB

  • Bagikan
Sekretasi BKPSDM Kepulauan Mentawai, Arsenius, saat mengikuti salah satu kegiatan di tahun 2015 lalu. Ia menjelaskan bahwa seleksi CPNS formasi Mentawai diikuti sebanyak 261 orang. (Foto: Dok Pribadi)
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali dilanjutkan sejak Rabu (16/9). Yakni untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Ujian itu diikuti sebanyak 261 orang CPNS formasi Mentawai.

Pantauan Datiak.com, SKB tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Mentawai. Pelaksanaannya juga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga, para tenaga medis tampak standby di sana.

banner 336x280

Sekretaris BKPSDM Kepulauan Mentawai, Arsenius mengatakan, dilibatkannya tim medis dalam SKB CPNS di Mentawai, agar pelaksanaan protokol kesehatan berjalan lancar dan terawasi dengan ketat. “Sekarang sudah memasuki ujian kedua. Ujian tahap pertama kemarin, berjalan dengan baik. Seluruh pesertanya pun hadir, yakni sebanyak 71 orang CPNS,” ungkapnya.

Arsenius turut menjelaskan, bahwa sistem pembagian peserta SKB CPNS di Mentawai, berbeda dibandingkan dengan ujian-ujian CPNS terdahulu. Sebab, seleksi kali ini membati jumlah maksimal peserta hanya 25 orang. “Makanya ujian SKB ini kita laksanakan menjadi tiga sesi,” ucapnya.

Perbedaan lain pada seleksi tersebut, lanjut Arsenius, ujian tidak terpusat di satu lokasi. Artinya, CPNS yang melamar formasi Mentawai, tidak diwajibkan ikut SKB di Mentawai. Mereka bisa memilih daerah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

“Makanya, dari 261 CPNS yang mengambil formasi di Mentawai, 190 orang di antaranya melaksanakan ujian di luar Mentawai. Di antaranya di UPT BKN Padang, Kantor Regional 12 Pekanbaru, Jakarta dan daerah lainnya,” ungkap Arsenius.

Menyangkut hasil ujian SKB yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut, katanya juga lebih dimudahkan. Sebab, pihaknya sudah mengintegrasikannya dengan salah satu platform ternama milik Google, yakni Youtube.

“Jadi, skor para peserta seleksi CPNS yang mengikuti ujian SKB ini, dapat dilihat secara langsung via streaming Youtube. Yakni dengan mengakses akun BKPSDM Mentawai,” ungkapnya.

Arsenius berharap SKB tersebut dapat menghasilkan PNS terbaik nantinya. Sehingga, daerah berjulukan Bumi Sikerei itu semakin berkualitas Sumber Dana Manusia (SDM) di pemerintahannya. “Peserta yang lulus SKB ini, selanjutnya akan melaksanakan tahapan pemberkasan,” pungkas Arsenius. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan