Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Cerdas Sikapi Perkembangan Erupsi Gunung Marapi, 24 KK Mengungsi

Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tanah Datar, Afrizon, saat menyampaikan arahan Bupati Tanah Datar kepada warga Jorong Koto, Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto yang mengungsi, sebagai bentuk kesiapsiagaan menyikapi erupsi gunung Marapi. (Foto: Prokopim Tanah Datar)
95 pembaca

Tanah Datar | Datiak.com – Sejumlah warga di Tanah Datar berpikir cerdas dalam menyikapi perkembangan erupsi gunung Marapi. Yakni warga Jorong Koto, Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto. Mereka memutuskan untuk mengungsi sebagai bentuk kesiapsiagaan.

Tercata sebanyak 24 KK di korong itu yang mengungsi sejak Rabu (10/1/2024). Terdiri dari 30 orang perempuan, 20 laki-laki, dan 18 orang anak-anak. Sekarang, warga yang mengungsi tersebut berada di Mushalla Al-Ikhlas, Nagari Koto Baru.

Camat X Koto, Mukhlis, mengatakan bahwa sikap untuk mewaspadai perkembangan erupsi gunung Marapi sangatlah penting. Namun, ia mengingatkan kepada warga agar tetap tenang.

Warga Jorong Koto itupun diperbolehkan untuk tetap beraktivitas. ”Intinya kita harus tetap waspada dan tenang dalam menyikapi perkembangan erupsi gunung Marapi,” ucap, Kamis (11/1/2024).

Sedangkan Pemkab Tanah Datar, langsung menurunkan bantuan tanggap darurat kepada warganya yang mengungsi itu. Bantuan itu diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tanah Datar, Afrizon, di di Musholla Al-Ikhlas X Koto, Kamis (11/1/2024).

“Sesuai arahan bupati, sejak tadi malam, pagi ini kami menyerahkan bantuan berupa bahan pokok seperti beras, minyak, telur, mie, dan sebagainya,” ujar Afrizon.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu untuk saat ini. Selanjutnya, Insya Allah kita akan menyiapkan dapur umum yang nanti bahan-bahannya dari pemerintah,” sambungnya.

cerdas sikapi perkembangan erupsi gunung marapi 24 1
Bupati Tanah Datar, Eka Putra dengan sigap menggaet dukungan logistik, dengan langsung ke BNPB. (Foto: Prokopim Tanah Datar)

Afrizon juga menyampaikan pesan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, kepada warga yang mengungsi tersebut, terkait kesiapsiagaan menghadapi perkembangan erupsi Gunung Marapi. Tapi, tak boleh juga berlebihan saat waspadai erupsi gunung Marapi itu.

“Untuk kita semua, pertama jangan kalut, tetap tenang. Pemerintah akan tetap bersama dengan bapak/ibu. Kami sudah rapat, sudah menyiapkan segala sesuatunya,” katanya.

Di sisi lain, Bupati Eka Putra melalui upaya dan kerja kerasnya berhasil mendapatkan bantuan logistik berupa dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Yakni berupa masker dan sabun cair.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB, Agus Riyanto, kepada Eka Putra di Graha BNPB Jakarta Timur, pada Kamis (11/1/2023).

“Saya mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan yang diberikan oleh BNPN,” ujarnya.

Sementara itu, Agus Riyanto sangat mengapresiasi Eka Putra dalam memperjuangkan kebutuhan masyarakatnya. “Jujur saya salut dengan pak bupati, karena mau memperjuangkan semuanya langsung ke sini,” ujar Agus.

“Sangat jarang sekali loh pak bupati ada kepala daerah yang mau turun tangan langsung. Ini satu hal yang sangat bagus sekali,” ujar Eka Putra. (*)


1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.