Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Belatung Banyak di Rumah? Cukup Basmi dengan 3 Bumbu Masak Ini

Ilustrasi belatung. (Foto: IST)
4330 pembaca
Dongkol lantaran belatung banyak di rumah, khususnya di tempat sampah? Yuk ikuti sejumlah tips ampuh cara membasmi belatung. Ternyata bisa hanya dengan bumbu masakkan. Benarkah?

Belatung banyak di rumah tentu membuat geli. Memang, belatung tidak berisiko untuk manusia. Hanya saja, belatung sangat gampang berkembang biak dengan cepat.

Perlu diketahui, sebutir telur lalat bisa menetas dan jadi lalat dewasa hanya dalam 24 jam saja. Di luar itu, belatung biasa jadi opsi pakan untuk sejumlah hewan.

Komunitas hama ini benar-benar mencintai lingkungan yang hangat dan basah. Mereka menemukan tempat itu dengan indra penciuman. Misalnya saja tempat sampah yang jarang dikosongkan isinya.

Namun tidak perlu risau, kamu bisa mendapatkan solusi membasmi belatung di sini. Cukup dengan mencoba salah satu dari tekni memberantas belatung yang banyak di rumah.

1. Sirami Gunakan Cuka

Trik memberantas belatung pertama-kali yang dapat kamu kerjakan yakni cukup pakai air rebusan cuka saja. Tempat sampah yang lembap dan kotor dapat menjadi komunitas belatung secara teratur.

Kalau pengin bersihkan hewan ini, kamu harus kosongkan tempat sampah terlebih dulu. Lantas, masak air dan cuka dengan perbedaan 1:1 capai mendidih. Basuhlah tempat sampah dengan air biasa.

Lalu, siramkan air rebusan cuka yang panas di sisi dalam serta luar tempat sampah. Seterusnya, gosok-gosok tempat sampah dengan minyak mint atau minyak serai supaya harum. Keringkan tempat sampah di bawah cahaya matahari, ya.

2. Taburi Garam dan Kapur Sirih

Belatung banyak di rumah tidak akan terjadi lagi setelah kamu berantas memakai garam yang dicampur kapur sirih. Sebab, cara ini dapat buat belatung mengering dan mati.

Trik membuat air garam dan kapur sirih benar-benar gampang, cukup buat bubuk kapur sirih dengan perbedaan 1:1. Seterusnya, siram ke arah tempat mereka kumpul. Bila tidak juga mati, kamu bisa masukkan lebih banyak kapur sirih dan garam.

3. Gunakan Air dan Kayu Manis

Strategi efektif memberantas belatung sesudah itu yakni membuat ramuan manjur dari air dan kayu manis. Campur kayu manis dan air dengan perbedaan 1:5 dalam mangkok. Sesudah tuntas, semprot atau campur secara perlahan-lahan. Belatung banyak di rumah tidak akan terjadi lagi.

Faedahnya memerlukan waktu waktu 6 jam untuk membunuh larva lalat itu. Air dan kayu manis dapat dipakai juga sebagai trik memberantas belatung di kotoran ayam.

4. Taburi Tanah Diatom

Trik memberantas belatung dengan alami sesudah itu dengan menaburkan tanah diatom atau diatomaceous earth. Taburan tanah di belatung dapat mempernyerap cairan di badannya sampai dehidrasi.