Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

6 Ide Usaha tanpa Modal: Gratis Pelatihannya, Bisa Gajian Rp 1 Juta Sehari

Ilustrasi seorang wanita muda kreatif yang memiliki banyak ide untuk memulai usaha tanpa moda. (Foto: Freepik)
427 pembaca

SIAPA bilang untuk memulai usaha harus memiliki modal yang besar? Ternyata, ada banyak ide usaha tanpa modal yang bisa Anda coba. Bahkan, dengan menjalani usaha-usaha tersebut, Anda bisa berpenghasilan hingga Rp 1 juta sehari, loh. Menarik bukan?

Tentu saja, Anda harus memiliki kreativitas, kemauan, dan kerja keras untuk menjalankan ide usaha tanpa modal ini. Namun tenang saja, apabila Anda merasa tak memiliki keahlian tersebut, ada layanan untuk pelatihan gratisnya.

Layanan pelatihan gratis tersebut disediakan secara online oleh platform yang benar-benar sudah terpercaya. Misalnya saja Google dan beberapa kampus besar di Indonesia. Jadi, setelah membaca sampai tuntas artikel ini, tidak ada lagi alasan Anda untuk menganggur di rumah, ya.

Berikut akan dijelaskan ide usaha tanpa modal yang benar-benar populer di Indonesia sekarang ini. Umumnya, ide usaha tanpa modal ini digeluti kalangan muda dan usia produktif (usia 40 tahunan). Apa saja ide usaha tanpa modal itu?

6 Ide Usaha tanpa Modal

Setidaknya, Tim Datiak.com menemukan 6 ide usaha tanpa modal yang bisa Anda coba. Ide-ide ini benar-benar hanya menuntut keahlian khusus dari Anda. Dan seluruh keahlian itu bisa Anda pelajari secara perlahan nantinya.

1. Freelance Writer

seorang penulis lepas yang sedang memulai ide menulisnya

Ide usaha tanpa modal yang pertama yaitu menjadi penulis lepas atau freelance writer. Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda bisa menjadi freelance writer atau penulis lepas. Anda bisa menawarkan jasa menulis artikel, blog, konten website, buku, skripsi, atau jenis tulisan lainnya sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Anda bisa mencari klien melalui situs-situs freelance, media sosial, atau rekomendasi dari teman.

Ide usaha tanpa modal yang ini sangat diminati orang-orang yang pandai menulis. Sebab, mereka bisa menentukan tarif menulisnya sendiri, tergantung pada kualitas, kesulitan, dan deadline tulisan yang Anda buat. Seorang freelance writer bisa menghasilkan antara 50 ribu hingga 500 ribu rupiah per artikel, tergantung pada panjang dan tingkat kesulitan artikel tersebut.

2. Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang sendiri. Anda hanya perlu mempromosikan produk yang Anda jual melalui media sosial, marketplace, atau website Anda sendiri. Saat ada yang memesan produk dari Anda, Anda tinggal menghubungi supplier atau produsen produk tersebut dan meminta mereka mengirimkan barang langsung ke alamat pembeli.

Ide usaha tanpa modal yang ini banyak diminati karena mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli produk yang dijual. Seorang dropshipper bisa menghasilkan antara 100 ribu hingga 1 juta rupiah per hari, tergantung pada jenis, kualitas, dan jumlah produk yang dijual.

3. Konten Kreator

seorang konten kreator yang sedang memikirkan ide konten yang akan diproduksinya

Content creator adalah orang yang membuat konten menarik dan kreatif untuk ditampilkan di media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, atau platform lainnya. Anda bisa membuat konten sesuai dengan passion, hobi, atau keahlian Anda, misalnya tentang musik, komedi, edukasi, travel, kuliner, atau apapun yang Anda sukai.