Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

UMKM di Padangpariaman Fokus Memajukan Suhatri Bur

  • Bagikan
Suhatri Bur saat menyerahkan cenderamata kepada Teten Masduki. Ia meminta Teten memberikan perhatian khusus untuk kemajuan UMKM di Padangpariaman.
Foto: Humas Padangpariaman

Jakarta | Datiak.com – Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengungkapkan tekadnya untuk memajukan UMKM di Padangpariaman dalam rapat koordinasi (rakor), di ruang rapat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Senin (12/4). Menurutnya, kemajuan UMKM dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Ranah Saiyo Sakato tersebut.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki itu, dihadiri para bupati/wali kota se-Sumatera Barat. “Pertumbuhan ekonomi Padangpariaman sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Khususnya sektor UMKM di Padangpariaman” ujar Suhatri Bur ketika mendapat kesempatan menyampaikan aspirasinya.

Kendati begitu, imbuh Suhatri Bur, pihaknya terus bersemangat menggeliatkan perekonian Padangpariaman. Salah satunya dengan terus membina dan memotivasi UMKM di Padangpariaman. “Masih banyak hal yang dibutuhkan untuk menggeliatkan UMKM di daerah kita,” katanya.

BACA JUGA:  Puluhan Warga Tanahdatar Dihukum Menyapu Jalan

Untuk itu, ia berharap dukungan dari Kemenkop UKM dalam melengkapi kebutuhan UMKM di Padangpariaman. Misalnya dengan membantu pembangunan fasilitas berupa tempat menampilkan hasil produksi UMKM di sana.

“Padangpariaman tidak memiliki banyak koperasi. Namun kondisi semakin diperparah karena pandemi. Sebab, koperasi yang jumlahnya tidak sedikit terdampak hingga tidak berjalan. Hal ini lantaran kegiatan yang terbatas akibat pandemi,” paparnya.

Dalam rakor itu, Suhatri Bur turut mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Padangpariaman belumlah tinggi. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)-nya pun tidak sebanding dengan income (pendapatan) per kapita.

“Maka dari itu, sektor UMKM di Padangpariaman menjadi perhatian serius kita untuk meningkatkan income per kapita. Sebab, UMKM langsung menyentuh ekonomi masyarakat,” hematnya.

BACA JUGA:  Ayah Biadab, 4 Tahun Setubuhi Anaknya

Menurutnya, PDRB Padangpariaman menjadi tinggi hanya karena keberadaan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di sana. Namun, apabila dilihat dari income per kapita-nya, kata Suhatri Bur Padangpariaman masih jauh tertinggal dari kabupten/kota lain.

“Sangat besar harapan kita aspirasi untuk kemajuan UMKM di Padangpariaman didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Semoga bisa terwujud di tahun depan,” tukas Suhatri Bur. Usai rakor, Suhatri Bur menyerahkan cenderamata kepada Teten Masduki. (da.)

  • Bagikan