Terkonfirmasi Positif Corona Bertambah 5 Orang di Mentawai

  • Bagikan
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Mentawai, Lahmuddin Siregar, saat jumpa pers terkait penambahan terkonfirmasi positif corona di Mentawai, Senin (19/10). (Foto: Istimewa)

Mentawai | Datiak.com – Terkonfirmasi positif corona kembali bertambah di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumlahnya sebanyak 5 orang. Sekarang kelima pasien tersebut sudah diisolasi di salah satu Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mentawai.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Mentawai, Lahmuddin Siregar, saat jumpa pers di Aula Setdakab Kepulauan Mentawai, Senin (19/10). “Penambahan ke 5 orang terkonfirmasi positif corona ini berda di dua tempat. Yakni di Muara Siberut 3 orang dan Tuapeijat 2 orang,” kata Lahmuddin yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai.

Salah seorang pasien, imbuhnya, anak dari salah seorang anggota DPRD Mentawai yang sebelumnya juga dinyatakan positif terpapar Covid-19. Anak itu masih berusia 12 tahun. “Kalau orangtuanya (salah seorang anggota DPRD Mentawai yang sebelumnya dinyatakan positif, Red) sudah dinyatakan sembuh,” ungkap Lahmuddin.

BACA JUGA:  Perguruan Tinggi di Mentawai Tawarkan Ijazah Kampus Negeri

Sekarang, lanjut Lahmuddin, seluruh pasien positif Covid-19 itu sudah menjalani isolasi. Yakni di Puskesmas Muara Siberut Selatan, dan RSUD Kepuluan Mentawai. “Sekarang total pasien positif di Mentawai yang menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 30 orang,” ungkapnya lagi.

30 orang tersebut, katanya kini berada di Puskesmas Muara Siberut 3 orang, RSUD Kepulauan Mentawai 10 orang, menjalani isolasi khusus 6 orang, menjalani isolasi mandiri 2 orang, Puskesmas Sioban 6 orang, Puskesmas Sikakap 3 orang, Malakopak 1 orang, dan diisolasi di Padang 1 orang.

“Sepanjang pandemi ini sudah 88 orang warga Kepulauan Mentawai yang terpapar Covid-19. Kita sangat bersyukur karena 58 orang di antaranya berhasil sembuh. Dan sejauh ini tidak ada korban jiwa di daerah kita,” ucap Lahmuddin.

BACA JUGA:  Segera Berlakukan Perda AKB di Kabupaten Dharmasraya

Kendati begitu, ia tetap mengingatkan masyarakat agar tidak menganggap sepele masalah Covid-19. Masyarakat diminta terus waspada dengan patuh terhadap protokol kesehatan. Sehingga, penyebaran Covid-19 dapat dicegah dan ditekan di Kepulauan Mentawai. (da.)

  • Bagikan