Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Tempat Wisata di Sumatera Barat, 16 Objek Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Sumatera Barat sangat menarik untuk dikunjungi karena tidak saja alamnya indah, tetapi menyimpan nilai adat, budaya, religius, serta historis. (Foto: IST)
3594 pembaca

Tempat Wisata di Sumatera Barat penting Anda datangi waktu berlibur sama keluarga maupun rekan. Sumatera Barat sebagai satu di antaranya provinsi di Indonesia yang memiliki kekuatan tujuan wisata alam yang fantastis. Berikut 16 objek wisata di Sumatera Barat yang sangat populer.

Dengan termasyhurnya tempat wisata di Sumatera Barat mempunyai nuansa alam. Banyak beberapa pelancong baik lokal ataupun luar negeri hadir ke Ranah Minang ini. Tidak itu saja, Sumatera Barat juga populer dengan objek wisata budaya serta sejarahnya.

Wisata Sumatera Barat punya kekhasan serta daya magnet khusus. Dimulai dari bangunan historis, pantai, pegunungan, sampai danaunya. Seluruh tempat wisata di Sumatera Barat tawarkan beberapa tujuan yang membahagiakan.

Berikut Datiak.com paparkan sejumlah tempat wisata di Sumatera Barat terpopuler serta ikonik yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Jam Gadang

Jam Gadang, merupaka tempat wisata di Sumatera Barat yang terpopuler. Waktu bertandang ke Bukittinggi, rasanya kurang komplet bila tak bergaya dekat Jam Gadang. Menara jam yang berumur lebih pada 90 tahun tersebut, menjaga wujud aslinya. Halamannya yang dihias taman dengan pohon-pohon terpelihara, bisa menjadi background menarik saat mengabadikan gambar.

Berdasar sebagian catatan histori, Jam Gadang dibuat di tahun 1926 sesudah Ratu Belanda memberikan mesin jam ini kepada Sekretaris Kota Bukittinggi, yang saat itu dijabat Rook Maker. Pembangunannya dilaksanakan oleh 2 orang arsitek lokal Minangkabau, yakni Yazin serta Sutan Gigi Ameh. Sebesar 3.000 Gulden biaya untuk pembangunannya.

2. Istano Basa Pagaruyung

Satu  tempat wisata di Sumatera Barat unggulan berada di Tanah Datar, yakni Istano Basa Pagaruyung. Istana itu sebagai tersisa kesuksesan Kerajaan Pagaruyung. Walaupun begitu, rupanya bangunan yang berdiri sekarang ini tidak bangunan asli. Bangunan aslinya ada dalam Bukit Batu Patah.

Bangunan aslinya habis terlahap api. Tetapi, sejumlah benda warisan kerajaan telah ditolong serta diletakkan secara baik. Bangunan sekarang  tak kalah besar serta menarik dari bangunan aslinya. Waktu bertandang ke situ, Kamu dapat sewa baju rutinitas Minangkabau sambil belajar tentang Kerajaan Pagaruyung.

3. Batu Malin Kundang Pantai Air Manis

Malin Kundang sebagai watak dalam sebuah narasi rakyat yang populer durhaka terhadap ibunya sesudah jadi kaya. Gara-gara perbuatannya, ibunya sakit hati lantas menyumpahnya jadi batu. Sampai sekarang, batu yang digosipkan menjadi Malin Kundang dapat Kamu lihat di Pantai Air Manis.

Kabarnya, batu-batuan yang ada dalam dekat batu Malin Kundang, adalah barang profil kapal yang turut berganti jadi batu. Walau Pantai Air Manis populer akan batu Maling Kundang, objek wisata di Sumatera Barat itu pula populer dengan kemegahan alamnya.

Gelombang ombak yang rendah di sekeliling pantai, dapat menjadi tempat berenang, sambil melihat pemandangan cantik Gunung Padang. Bila tertarik, Kamu dapat bertandang ke pulau yang memiliki nama Pisang Kecil serta Pisang Besar dengan perahu. Sejumlah besar masyarakat Pisang Besar profesinya menjadi petani serta nelayan. Bila mujur, Kamu dapat beli ikan yang fresh buat dibakar serta dicicipi dipinggir pantai.