Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Ibu-ibu Tarik Pickup di Jalan Nagari Lubuk Ulang Aling yang Menanjak Parah

Para ibu-ibu rumah tangga menarik pickup yang mereka tumpangi saat kandas di Jalan Nagari Lubuk Ulang Aling. (Foto: Tangkap Layar Video Cut Malahayati)
209 pembaca

Solok Selatan | Datiak.com – Jalan Nagari Lubuk Ulang Aling di Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, masih menjadi penderitaan bagi warganya. Sebab, sampai sekarang jalan di sana tak kunjung dibangun.

Baru-baru ini, kembali viral aksi sejumlah ibu-ibu rumah tangga yang menarik mobil pickup lantaran kandas di jalan Nagari Lubuk Ulang Aling tersebut. Padahal, kondisi jalan cukup ekstrim, yakni menanjak dan menurun.

Bahkan, jarak jalan rusak tersebut cukup panjang, yaitu sekitar 8 kilometer untuk sampai ke pusat pemerintahan di nagari itu. Kondisi itu tentunya cukup membahayakan bagi mereka.

Cut Malahayati, seorang warga dari Jorong Koto Ranah, mengungkapkan bahwa jalan tersebut merupakan satu-satunya akses transportasi darat yang dapat dilalui warga.

Jadi, ribuan warga dari beberapa kampung di sekitarnya, wajib lewat di sana. Misalnya warga dari Koto Ranah, Pulau Panjang, Batu Gajah, Tanah Galo, Batu Lauang, dan Pulau Karam.

“Saat ini, akses jalan tersebut sepanjang 8 km masih berupa tanah yang belum diaspal. Kabarnya jalan ini wewenang provinsi ya. Sebab ini bagian dari jalan Abai sampai Sungai Dareh yang panjangnya sekitar 54 km,” sambung Cut Malahayati.

Ia pun menceritakan, video ibu-ibu yang viral menarik mobil pickup itu benar adanya. Mereka adalah ibu-ibu rumah tangga yang hendak pergi kondangan. Namun, dalam perjalanan mobilnya kandas karena kondisi jalan yang buruk.

“Kami tentu terharap kondisi ini tidak berlarut. Pemerintah harus segera membangun jalan ini, karena kami juga punya hak atas anggaran pembangunan di Sumbar ini,” tukasnya.

Informasi yang dikumpulkan Datiak.com, kondisi jalan Nagari Lubuk Ulang Aling yang buruk membuat tiga nagari kesulitan akses. Yakni Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah, dan Lubuk Ulang Aling Selatan. (*)