Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024

  • Bagikan
Sutan Riska Tuanku Kerajaan masuk bursa capres 2024
Bupati Dharmasrya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan (kanan), saat mendampingi Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dharmasraya, Kamis (8/2/2018). (Foto: Pemkab Dharmasraya)

Dharmasraya | Datiak.com – Satu lagi tokoh Sumatera Barat masuk bursa calon presiden (capres) 2024. Kali ini, mengapung nama Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Hal ini seperti disampaikan Sekjen DPP PDI-Perjuangan, Hasto Kristiyanto, lewat keterangan resminya, Jumat (15/10/2021).

Kepada media Hasto mengungkapkan 11 nama yang masuk bursa capres dari PDI-Perjuangan. Yakni Ketua DPR RI, Puan Maharani, Anggota DPR RI, Djarot Syaiful Hidayat, Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Bali, Wayan Koster, dan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Lalu Bupati Dharmasraya yang juga Ketua APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ekonomi Kreatif, Prananda Prabowo, Ketua Umum HIPMI, Mardani H Maming, dan mantan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

“PDI-Perjuangan memiliki banyak kader di tingkat pusat hingga daerah, yang memang sudah disiapkan melalui kaderisasi kepemimpinan partai, agar menjadi pemimpin hebat,” ujar Hasto.

Ia pun menjelaskan bahwa PDI-Perjuangan bakal terus melakukan konsolidasi dan kaderisasi partai. Makanya, menyangkut capres ataupun calon wakil presiden (cawapres), banyak kader mumpuni yang disiapkan PDI-Perjuangan.

“PDI-Perjuangan telah membangun demokrasi menjadi semakin matang. Sehingga, banyak lahir pemimpin bangsa yang hebat. Buktinya, banyaknya pemimpin politik dari tingkat pusat hingga daerah, yang disiapkan melalui mekanisme kaderisasi kepemimpinan partai,” hemat Hasto.

Kendati begitu, Hasto belum bisa memastikan siapa yang paling potensial di antara kader PDI-Perjuangan bakal bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Menurutnya, kepastiannya baru akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dalam momentum yang tepat.

“Tata cara melahirkan pemimpin itu perlu pertimbangan matang dan jernih. Jadi tidak asal deklarasi saja. Kita tunggu saja momentumnya,” tukas Hasto.

Sebelum Sutan Riska Tuanku Kerajaan

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bukanlah tokoh Sumatera Barat yang pertama masuk bursa capres 2024. Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga memasukkan 2 kadernya di Sumatera Barat, dalam bursa capres 2024. Yakni Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dan mantan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Kendati begitu, pihak PKS juga belum dapat memastikan siapa kadernya yang berpotensi besar diusung berkompetisi di Pilpres 2024. “Ini sesuai keputusan Musyawarah Nasional PKS yang digelar di tahun 2020. Kita harus semaksimal mungkin mengupayakan adanya calon presiden/wakil presiden di Pilpres 2024,” ungkap Wasekjen PKS, Ahmad Fathul, dalam keterangan pers PKS, pada Juni lalu. (da.)

  • Bagikan