Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Bursa Capres 2024 PKS IP-Buya, Andre: Warga Mau Prabowo

  • Bagikan
Bursa Capres 2024
Informasi Bursa Capres 2024 mulai berkembang di Sumatera Barat. Partai Gerindra Sumbar masing menggadang-gadangkan nama Prabowo Subianto. Sedangkan PKS mengapungkan nama Irwan Prayitno dan Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Sejumlah partai politik mulai mengangkat informasi seputar bursa capres 2024. Misalnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), kini mulai membesarkan sejumlah nama tokohnya di Sumatera Barat. Kondisi ini membuat pemilihan presiden (pilpres) yang diagendakan tahun 2024, terasa semakin dekat di Ranah Minangkabau tersebut.

Dari PKS, nama kadernya yang digadang-gadangkan untuk diusung masuk bursa calon presiden (capres) 2024, yaitu Mahyeldi Ansharullah dan Irwan Prayitno. Kedua figur ini tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat Sumbar. Sebab Irwan yang dekat dengan sebutan IP, sudah mencicipi jabatan Gubernur Sumbar selama 2 periode. Sedangkan Buya –sapaan Mahyeldi, sekarang menjabat Gubernur Sumbar.

Wakil Sekretaris Jenderal PKS, Ahmad Fathul, menjelaskan bahwa seluruh kader PKS harus dipersiapkan menjadi pemimpin nasional. Salah satu caranya dengan memasukkan mereka ke dalam bursa capres 2024.

“Ini sesuai keputusan Musyawarah Nasional PKS yang digelar di tahun 2020. Kita harus semaksimal mungkin mengupayakan adanya calon presiden/wakil presiden di Pilpres 2024,” ungkap Fathul –sapaan Ahmad Fathul, dalam keterangan pers PKS.

Untuk keputusan final siapa calon presiden/wakil presiden dari PKS, katanya belum ada keputusan dari Majelis Syuro PKS. “Sekarang masih dalam pembahasan (kader yang diusung PKS menjadi capres/cawapres, Red),” ucapnya.

Kendati demikian, Fathul menyadari bahwa perolehan suara PKS pada Pemilu 2019 lalu, tidak memenuhi ambang batas untuk mencalonkan presiden secara mandiri. Sehingga, partainya membuka pintu kepada seluruh partai yang ingin berkoalisi untuk mengusung calon presiden.

Informasi yang dihimpu Datiak.com, sebenarnya bukan hanya Irwan dan Mahyeldi yang digadang-gadangkan PKS untuk masuk bursa capres 2024. Namun juga ada kader PKS yang kini menduduki kursi Gubernur Nusa Tenggara Barat, yakni Zulkifliemansyah. Selain itu tentunya para petinggi PKS di pusat. Di antaranya Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid.

Gerindra Sumbar Bersarkan Prabowo di Bursa Capres 2024

Partai Gerindra tampaknya masih teguh mengusung ketua umumnya masuk ke dalam bursa capres 2024 mendatang. Di Sumbar sendiri, Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade, mulai mengapungkan kabar dukungan terhadap Prabowo Subianto menjadi calon presiden di tahun 2024.

Dari keterangan pers DPD Gerindra Sumbar, dukungan warga untuk Prabowo diperoleh oleh Andre setelah berkeliling di beberapa daerah di Ranah Minang ini. Di antaranya di Kota Padang, Padangpariaman, Kota Pariaman, Tanahdatar, dan Sijunjung.

“Kami terus mendengar warga berteriak Prabowo Presiden ketika melihat logo Partai Gerindra. Bahkan, warga sering bertanya pak Andre, pak Prabowo maju Presiden kan?” kata Andre dalam ketarangan tersebut.

Dengan begitu, Andre menyimpulkan bahwa Prabowo masih sosok yang didambakan warga Sumbar sebagai Presiden Republik Indonesia ini. Untuk itu, ia pun memutuskan bakal terus mengajak warga mendukung Prabowo pada pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Jadi, ketika ke lapangan kami tidak saja membawa nama Partai Gerindra, tetapi juga nama pak Prabowo yang masih diidolakan warga,” tekad anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Andre pun optimis bahwa Prabowo masih memegang suara terbanyak di Sumbar nantinya. Bahkan ia menilai ketua umunya itu berpotensi mendapatkan suara lebih banyak di Pilpres 2024 mendatang. Hal itu lantaran Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan, disebut-sebut sebagai menteri terbaiknya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nama pak Prabowo tentunya akan semakin menggema di Sumbar ini, karena kinerjanya sebagai menteri sangat membanggakan dengan berbagai terobosan dan program yang dibuat dan dijalankannya,” hemat Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Belum lagi, lanjut Andre, seluruh lembaga survei di Indonesia menempatkan Prabowo di peringkat teratas, dengan poin jauh dari pesaingnya. Tah heran, apabila pihaknya terus memberikan dukungan penuh untuk Prabowo dalam bursa capres 2024.

“Pencalonan pak Prabowo sebagai capres tak perlu diperdebatkan lagi. Yang diperlukan sekarang adalah siapa calon wakil presidennya. Tapi menurut kami siapapun wakilnya, Prabowo Subianto adalah Presiden Republik Indonesia 2024-2029,” ucap Andre yang juga anggota Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut.

Pasalnya, Andre yakin Prabowo akan mendapatkan dukungan seluruh rakyat Indonesia di Pilpres 2024 nantinya. Terlebih warga Sumatera Barat yang memang sudah lama memberi dukungan untuk Prabowo. “Kecintaan beliau (Prabowo) untuk Indonesia sangatlah besar. Beliaupun mau berkorban untuk negara yang dicintainya ini. Makanya, beliau layak menjadi Presiden kita,” tukas Andre.

Respon Prabowo Soal Bursa Capres 2024

Prabowo Subianto sebenarnya sudah menyatakan kesiapannya apabila didukung maju di Pilpres 2024. Makanya, ia tidak begitu kaget jika namanya masuk lagi ke dalam bursa capres 2024. Pernyataan itu disampaikan Prabowo ketika diwawancarai di channel Youtube Deddy Corbuzier, Minggu pagi (13/6/2021).

Prabowo menilai bahwa pencalonan dirinya sebagai presiden di Indonesia adalah persoalan pengabdian. Untuk itu, ia akan terus menerima segala peluang untuk bisa mengabdikan dirinya kepada Tanah Air yang ia cintai.
Salah satu contoh peluangnya sekarang, dirinya dinilai sebagai calon presiden terkuat dalam bursa capres 2024.

“Saya kira semua orang yang cinta tanah air kalau diberi kesempatan untuk mengabdi pasti mau dong, banyak (yang mau) kaderkader juga banyak,” ujar Prabowo. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan