Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Sumpah Pemuda Ke-93, Pemdes Tuapejat Gelar Turnamen Voli

  • Bagikan
Sumpah Pemuda ke-93
Kepala Desa Tuapejat Pusuibiat T. Oinan memberikan sambutan jelang dibukanya turnamen voli dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ke-93 di Desa Tuapejat. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai  | Datiak.com – Peringatan Sumpah Pemuda ke-93 dijadikan momentum membangkitkan semangat kepemudaan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tuapejat. Yakni dengan turnamen voli. Sehingga, jiwa sportivitas pemuda di desa tersebut kian kuat. Selain itu, semangat berkompetisinya juga makin berkobar.

Turnamen voli dalam ranga memeriahkan peringatan Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada 28 Oktober 2021, digelar oleh Pemdes Tuapejat di lapangan voli Km4, Dusun Mappadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. Turnamen yang dibuka oleh Camat Sipora Utara tersebut, diikuti sebanyak 37 tim voli.

Kepala Desa Tuapejat Pusuibiat T. Oinan menjelaskan, dalam catatan sejarah, Sumpah Pemuda menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Jadi, semangat perjuangan itu harus selalu ditanamkan dalam diri setiap generasi bangsa.

“Olahraga salah satu kegiatan yang mampu memupuk semangat juang, kekompakan, serta sikap sportivitas. Kita memilih turnamen voli karena memang sudah menjadi olahraga mayoritas masyarakat kita. Mulai dari usia muda hingga paruh baya di desa ini, gemar bermain voli,” papar Pusuibiat jelang pembukaan turnamen, kemarin (22/10/2021).

Lantaran turnamen itu ditujukan untuk menggerakkan semangat pemuda di sana, lanjut Kades Tuapejat, kepanitiaannya pun diserahkannya kepada para pemuda di Karang Taruna Desa Tuapejat. “Kita ini semangat olahraga pemuda kita semakin berkobar di momen Sumpah Pemuda ke-93 ini,” harapnya.

Sumpah Pemuda ke-93 1
Camat Sipora Utara, Kepala Desa Tuapejat, Ketua BPD Tuapejat, serta unsur TNI/Polri bersama panitia pelaksana turnamen. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Untuk itu, agar kompetisi menjadi lebih seru, pihaknya membuka peluang tim-tim voli di luar Desa Tuapejat ikut dalam turnamen tersebut. Makanya, cukup banyak tim yang sudah mendaftar, kemarin. “Dari laporan panitia, sudah ada banyak 37 tim yang mendaftar,” ucap Pusuibiat.

“Pesan saya hanya satu, jaga sportivitas dalam berkompetisi. Sehingga, turnamen berlangsung lancar dan aman sampai selesai nantinya,” tukas Pusuibiat.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Voli, Adrian Afandi, menjelaskan bahwa 37 tim voli yang mendaftar, terdiri dari 14 tim putra dan 23 tim putri. “Turnamen akan berlangsung hingga 2 minggu ke depan,” ungkap Adrian yang juga Ketua Karang Taruna Desa Tuapejat.

Sumpah Pemuda ke-93 2
Para pemain tim voli jelang berlaga pada turnamen perdana, Jumat (22/10/2021). (Sabarial/Datiak.com)

Selain turnamen, lanjutnya, dalam menjaga semangat dan kebersamaan pemuda Desa Tuapejat, pada peringatan Sumpah Pemuda ke-93 ini juga digelar aksi bersih-bersih pantai nantinya. “Bersih-bersih pantai ini akan kita lakukan pada tanggal 28 Oktober besok,” tukas Adrian.

Sementara itu, Camat Sipora Utara, Marsen, yang membuka turnamen voli di Desa Tuapejat tersebut, sangat mengapresiasi Pemdes dan Karang Taruna Tuapejat. Begitupun masyarakatnya yang kompak yang partisipatif memeriahkan turnamen itu.

Sumpah Pemuda ke-93 3
Camat Sipora Utara, Marsen, memberikan sabutannya jelang membuka secara resmi turnamen voli dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ke-93 di Desa Tuapejat. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

“Jadikan turnamen ini ajang persahabatan. Utamakan sportivitas dan persahabatan dalam berkompetisi. Sebab itulah hakikat utama dari olahraga. Sehingga, masyarakat yang menyaksikan terhibur, turnamen lancar dan aman hingga akhir,” pesan Marsen jelang membuka turnamen tersebut.

Apalagi, lanjut Camat, turnamen tersebut juga dibuka untuk umum. Artinya, tim voli di luar Desa Tuapejat pun ada yang mendaftar. Hal itu tentunya sangat baik untuk semakin memperkuat hubungan kekeluargaan masyarakat antardesa ke depannya.

Sumpah Pemuda ke-93 4
Camat Sipora Utara, Marsen, Kepala Desa Tuapejat Pusuibiat T. Oinan, serta unsur TNI/Polri, memeriahkan pembukaan dengan ikut ujuk kemampuan bermain voli. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
Pembukaan turnamen voli dalam rangka memeriahkan peringatan Sumpah Pemuda ke-93 di Desa Tuapejat tersebut, turut dihadiri Ketua BPD Tuapejat, kepala dusun se-Tuapejat, kalangan TNI/Polri di Kecamatan Sipora Utara, serta tokoh dan masyarakat Desa Tuapejat. (adv)

Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan