Sertifikat Tanah untuk UNP di Tarok City Rampung

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman Ali Mukhni berdiskusi bersama Kepala BPN Padangpariaman Gatot Teja, serta Inspektur Padangpariaman Hendra Aswara dan Wali Nagari Pakandangan usai mengikuti penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual di Kantor Bupati Padangpariaman. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Rencana pengembangan Kawasan Pendidikan Terpadu, Nagari Kapalohilalang, Kecamatan 2×11 Kayutanam memasuki babak baru. Pasalnya, tanah perguruan tinggi yang disediakan di sana, sudah mulai diterbitkan oleh BPN Padangpariaman. Salah satunya sertifikat tanah untuk UNP (Universitas Negeri Padang).

Dijadwalkan, penyerahan sertifikat tanah untuk UNP di kawasan yang dikenal Tarok City tersebut, bakal dilaksanakan, Senin (11/1). Tepat di puncak perayaan HUT ke-188 Padangpariaman. Hal itu dibenarkan oleh Kepala BPN Padangpariaman, Gatot Teja, Selasa (5/1).

“Ya, pas hari ulang tahun kabupaten, kami akan menyerahkan (sertifikat tanah, Red). Rencananya satu untuk UNP,” ujar Gatot yang didampingi sejumlah jajarannya.

Kendati begitu, pihaknya berusaha untuk menyelesaikan sertifikat tanah untuk kampus lain yang juga berkomitmen membangun di Tarok City. Di antaranya Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, serta Politeknik Negeri Padang (PNP).

BACA JUGA:  1 Wanita Bersama 8 Pria Meninggal

“Tapi kalau kita sempat empat selesai (sertifikat tanah untuk kampus lainnya yang berkomitmen membangun di Tarok City, Red), keempat-empatnya kita serahkan (saat HUT ke-188 Padangpariaman, Red),” katanya.

Gatot mengungkapkan bahwa kampus yang berkomitmen membangun di Tarok City, sudah lama memasukkan berkasnya ke BPN Padangpariaman. Hanya saja, terdapat sejumlah persyaratan yang belum terpenuhi.

“Sekarang sudah terpenuhi semua (syarat pengurusan sertifikat tanah kampus, Red). Insya Allah pas apel besar HUT Padangpariaman bisa dikejar penerbitan sertifikatnya, sehingga langsung diserahkan kepada bupati, lalu bupati menyerahkan kepada pihak kampus,” pungkas Gatot.

Maksimalkan Koordinasi

Menyikapi itu, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengatakan bahwa sertifikat yang diserahkan BPN saat HUT ke-188 Padangpariaman, bakal menjadi kado istimewa. Sebab, sertifikat itu syarat mendasar dimulainya pembangunan perguruan tinggi di Tarok City.

“Alhamdulillah, upaya kita bersama mengembangkan kawasan pendidikan memasuki tahapan baru. Insya Allah, dengan adanya sertifikat tanah kampus sudah bisa memulai tahapan pembangunannya di Tarok City,” ujar Ali Mukhni yang didampingi Inspektur Hendra Aswara dan Kabag Humas Anton Wira Tanjung.

BACA JUGA:  Dua Pemuda Kedapatan Simpan Ganja

Ali Mukhni menjelaskan bahwa terbitnya tanah kampus di Tarok City, bentuk tindak lanjut BPN Padangpariaman, pasca terbitnya Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2020-2040.

“Tarok City ini akan menjadi kebanggan Sumbar nantinya. Bahkan, pejabat-pejabat pusat yang sudah berkunjung, yakin Tarok City bakal menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi di Sumbar dan menjadi kawasan perguruan tinggi terpadu nasional,” katanya.

Pasalnya, imbuh Ali Mukhni, letak Tarok City sangatlah strategis. Terlebih saat ini jalannya kawasan pendidikan itu setali dengan pintu Tol Padangpariaman-Pekanbaru di KM 36,6. Belum lagi, ke depan juga dibangun jalur kereta api menuju kampus di sana, mahasiswa, dosen, ataupun masyarakat memiliki banyak pilihan akses transportasi.

BACA JUGA:  Rena Ali Mukhni Ajak Masyarakat Peduli dan Menjaga Lansia

“Jalan masuk Tol sepanjang 3 kilometer bakal dibangun oleh Kementerian PUPR. Konsep pembangunannya berwawasan lingkungan, karena Tarok City juga memiliki kawasan wisata edukasi nantinya,” ujar bupati peraih Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI tersebut.

Untuk itu, Ali Mukhni turut mengungkapkan harapannya agar sertifikat tanah perguruan tinggi lainnya yang akan dibangun di Tarok City, dapat terbit dan diserahkan pula saat HUT ke-188 Padangpariaman. Sehingga, pelaksanaan pembangunan kampus di sana dapat dimulai secara serentak nantinya.

“Kita sangat berterima kasih atas dukungan seluruh pihak sehingga pembangunan di Tarok City terus dimudahkan ke depannya. Terkhusus terima kasih kita kepada BPN yang sudah bekerja cepat menerbitkan sertifikat tanah untuk perguruan tinggi yang sangat didambakan para generasi kita,” pungkas Ali Mukhni. (da.)

  • Bagikan