Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Seragam Gratis di Solsel mulai Dibagikan ke SD dan SMP

  • Bagikan
Pembagian seragam gratis di Solsel
Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Khairunas dan Yulian Efi secara simbolis membagikan seragam gratis di SDN 02 Pakan Selasa, Senin (12/7/2021). (Foto: Humas Pemkab Solsel)

Solok Selatan | Datiak.com – 9 ribu seragam gratis di Solsel (Solok Selatan) mulai dibagikan kepada peserta didik baru. Pembagian seragam secara perdana dilakukan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Khairunas dan Yulian Efi, di SDN 02 Pakan Selasa, SDN 04 Timbulun, dan SMPN 3 Solok Selatan, Senin (12/7/2021).

“Hari ini seragam sekolah mulai kita realisasikan ke siswa. Sekarang, tinggal komitmen sekolah meningkatkan kualitas sekolah dan Sumber Daya Manusia (SDM) berkarakter dan berdaya saing,” ucap Khairunas usai menyerahkan seragam ke murid di SDN 02 Pakan Selasa secara simbolis.

Dengan dibagikannya seragam gratis di Solsel, Khairunas menegaskan agar tidak ada lagi soal pemungutan biaya pembelian seragam di sekolah. Sebab, untuk seragam tingkat SD dan SMP sudah dialokasikan dalam APBD Solok Selatan Tahun 2021 ini.

BACA JUGA:  Salut, Polisi Tangkap Tiga Pencuri Dalam Semalam

“Hari ini diserahkan secara simbolis ke siswa tingkat SD, nanti akan dilanjutkan di tingkat SMP,” ungkap Khairunas.
Khairunas juga mengatakan, sangat wajar jika masyarakat berharap sekolah mampu menjadikan anak-anak mereka SDM berdaya saing tinggi ke depannya. Begitupun apabila pemerintah menuntut hal serupa, karena pemerintah sudah menjamin kesejahteraan guru lewat sertifikasi.

“Kita berharap sekolah (khususnya SD dan SMP di Solsel, Red) harus unggul dibandingkan sekolah setara lainnya. Salah satunya mampu membentuk generasi berkarakter baik untuk Solok Selatan ke depan,” harap Khairunas.

Pembagian Seragam Gratis di Solsel

Di sisi lain, Kepala SDN 02 Pakan Selasa Noprijon menjelaskan, sekolahnya tahun ini memiliki 21 orang peserta didik baru. 12 orang di antaranya laki-laki, sedangkan 9 orang lainnya perempuan. “Baru kali ini kepala daerah kita berhasil fokus mewujudkan program seragam gratis di Solsel ini,” hemat Noprijon.

BACA JUGA:  UMKM Lokal Sumbar Hanya Butuh Bukti Cinta

Menurutnya, pembagian seragam gratis di Solsel sudah pasti sangat membantu masyarakat. Sebab, seragam salah satu kebutuhan utama pendidikan dasar ataupun menengah pertama. “Mewakili para murid dan wali murid saya mengucapkan terima kasih kepada pak bupati dan pak wabup,” ucapnya.

Data yang dihimpun Datiak.com, dalam APBD Solok Selatan 2021 ini dialokasikan anggaran Rp 1.193.100.000 pembelian 9.000 stel seragam. Terdiri dari stelan seragam biasa dan seragam pramuka untuk SD dan SMP di Solok Selatan.

Untuk penyaluran perdana seragam gratis di Solsel tersebut dilaksanakan di tiga sekolah. Sebanyak 221 orang peserta didik baru di Solok Selatan yang sudah menerimanya. Yakni 185 orang peserta didik baru di SMPN 3 Solok Selatan, 15 orang peserta didik baru SDN 04 Timbulun, dan 21 orang peserta didik baru SDN 02 Pakan Selasa. (da.)


BACA JUGA:  9 Kampung di Pessel Ditetapkan Berstatus Zona Merah

Temukan berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan