Iklan Melayang
Iklan Melayang

Pulau Pananggalat yang Masuk Situs Jual Beli Ditanggapi Wabup

  • Bagikan
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Koratnius Sabeleake, memberikan klarifikasi Pemkab Kepulauan Mentawai soal Pulau Pananggalat yang masuk dalam situs jual beli pulau wisata, privateislandsonline.com. (Foto: Humas)
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Pulau Pananggalat yang terletak di Kecamatan Siberut Barat Daya, masuk dalam situs jual beli pulau wisata dunia, privateislandsonline.com, beberapa waktu lalu. Dalam situs itu, Pananggalat dinamai Pulau A-Frames. Hanya saja, tidak dijelaskan berapa harga jual pulau tersebut.

Namun, hal itu tetap saja membuat gaduh publik yang mengetahuinya. Sehingga, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Koratnius Sabeleake, langsung angkat bicara. Katanya, dugaan penjualan pulau itu tidak pernah diketahui pemerintahan di desa, kecamatan, hingga Pemkab Kepulauan Mentawai.

banner 336x280

“Saya juga belum tahu soal ini (Pulau Pananggalat masuk situs jual beli, Red). Bahkan, camat dan kepala desa juga tidak mengetahuinya. Saya sudah konfirmasikan langsung isu ini kepada mereka,” ujar Koratnius di ruang kerjanya, Rabu (10/2).

“Kalau memang ada (dugaan penjualan Pulau Pananggalat, Red), kepala desa atau camat pasti kasih tahu. Pengelola dan investor juga tidak pernah membahas ini secara resmi dengan kita,” imbuhnya.

Kortanius turut menjelaskan terkait status tanah Pulau Pananggalat yang merupakan hutan produksi. Artinya, pulau itu milik Negara yang sudah pasti tidak bisa diperjualbelikan. Biasanya, yang ada adalah kerja sama antara pengusaha dan Dinas Kehutan dalam pemanfaatan hutan produksi tersebut. “Kalau kewenangan hutan produksi itu ada di provinsi,” ungkapnya.

Jika saja ada masyarakat yang mengelola lahan di pulau itu, semua sesuai amanah Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 33 Ayat 3, bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.

“Jadi, lahan yang dikelola masyarakat ddi sana bukan di Areal Pengguna Lain (APL). Status lahannya juga bukan kepemilikan secara personal,” ucap Kortanius.

Untuk itu, ia berharap masyarakat Mentawai tidak resah dengan isu tersebut. Sebab, penjualan pulau sudah pasti tidak bisa dilakukan oleh siapapun. “Mungkin (yang dijual) resortnya yang sudah ada di situ (Pulau Pananggalat, Red). Jadi, mungkin yang dijual itu aset yang ada di pulau itu. Sebab kalau penjualan pulau sudah dipastikan tidak bisa,” pungkasnya.

Sudah Menghilang

Usai heboh dalam pemberitaan, Pulau Pananggalat alias A-Frames tidak lagi tampil dalam situs privateislandsonline.com. Keterangan atau rilis menyangkut pulau itu juga tidak ada di sana. Hal itu diketahui Datiak.com ketika mencoba menelusuri kata kunci Pananggalat dan A-Frames di kolom pencarian situs privateislandsonline.com. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan