Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Polisi Buru Pelaku Pembuang Bayi di Pesisir Selatan

  • Bagikan
Bayi perempuan yang ditemukan warga di dalam kardus di jalan Perumnas Pincuran Boga Painan. Polisi sekarang memburu pelaku pembuang bayi tersebut. (Foto: Istimewa)

Pesisir Selatan | Datiak.com – Seorang bayi diduga ditelantarkan orangtuanya di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Bayi perempuan itu diletakkan di dalam kardus tersebut, ditemukan warga di tepi jalan baru Perumnas, dekat jembatan Pincuran Boga Painan, Kecamatan IV Jurai, Jumat (21/8). Sekarang, polisi memburu pelaku pembuang anak berusia kurang dari satu minggu tersebut.

Saat ditemukan, kondisi bayi terlihat sehat. Hanya saja, sebagian tubuhnya mengalami bintik-bintik merah, karena digigit serangga. Warga yang menemukan langsung melapor ke petugas di Pos Polisi Militer (PM) yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi ditemukan.

Selanjutnya, petugas mendatangi lokasi lalu mengambil bayi dan membawanya untuk menjalani perawatan medis di RSUD dr M Zein Painan, Pesisir Selatan.

BACA JUGA:  Antisipasi Kejahatan Kontijensi karena Dampak Corona

“Penemuannya pagi sekitar pukul 06.15 WIB. Saat ditemukan bayi sedikit lemas, karena pelaku memasukannya ke dalam kardus dan diletakkan di tepi jalan,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pesisir Selatan, Zulfian Aprianto.

Ia memperkirakan usianya kurang dari satu minggu, karena tali pusar yang masih melekat. “Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melacak pelaku pembuangnya. Hingga kini kami belum menemukan siapa ibunya. Untuk perawatan, bayi dimasukkan ke dalam inkubator,” ungkapnya.

Meski begitu, imbuhnya, saat ini sudah banyak calon orang tua asuh yang mendaftarkan diri untuk mengadopsi. Namun, keinginan tersebut belum direspon pihaknya, lantaran kasus itu dalam penyelidikan polisi.

BACA JUGA:  Turnamen Kampung Bendang FC Diapresiasi Suhatri Bur

“Temuan ini sekarang dalam penanganan pihak kepolisian bersama Lembaga Perlindungan Anak dan Perempuan Pesisir Selatan,” katanya.

Sedangkan Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval mengatakan, pihaknya sekarang sedang melakukan penyelidikan terkait kejadian itu. Saksi-saksi dan barang bukti juga sudah dikumpulkan, untuk melacak keberadaan pelaku.

“Siapapun orangnya, perbuatan penelantaran dan pembuangan bayi ini tidak bisa ditoleransi dan merupakan pelanggaran hukum,” kata Cepi yang didampingi Kasat Reskrim, AKP Allan Budi Kusuma. (da.)

  • Bagikan