Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Personel Polsek Sipora Kawal Ketat Vaksin Covid-19

  • Bagikan
Personel Polsek Sipora tampak mengawasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Bosua. (foto: Istimewa)

Mentawai | Datiak.com – Personel Polsek Sipora Brigadir Andol Sababalat dan Briptu T. Bulele mengawal pendistribusian vaksin Covid 19, Senin (15/2). Yakni dari gudang penyimpanan Dinkes Kepulauan Mentawai di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, menuju Puskesmas Bosua, Kecamatan Sipora Selatan.

Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra mengatakan, pendistribusian vaksin Covid-19 menuju Puskesmas Bosua dilaksanakan menggunakan sepeda motor. Hal itu karena kondisi jalannya yang ekstrim, sehingga sulit menggunakan kendaraan roda empat.

“Jarak tempuh dari gudang ke puskemas itu sekitar 70 kilometer. Personel kita akan mengawal ketat vaksin sampai ke lokasi tujuan,” ungkap Iptu Donny, kemarin.

Jumlah vaksin sinovac yang diantarkan ke ujung Selatan Pulau Sipora itu, lanjut Iptu Donny, sebanyak 51 vaksin. Nantinya vaksin tersebut diperuntukkan bagi tenaga medis dan staf Puskesmas Bosua. “Selain mengawal pendistribusian, petugas kita juga mengawasi proses vaksinasi hingga selesai,” katanya.

BACA JUGA:  Ali Mukhni Dijuliki Bapak Pembangunan

Dari laporan yang diterimanya, vaksinasi sudah dilaksanakan terhadap 18 orang medis di Puskesmas Bosua. Sisanya, bakal divaksinasi besok (16/2). “Jadi, personel kita akan menginap di Bosua sampai vaksinasi di sana selesai,” ucapnya.

Hal itu dilakukan pihaknya, agar personel Polsek Sipora bisa menjaga vaksin yang tersisa untuk digunakan di hari berikutnya. Sehingga, tidak terjadi kesalahan, seperti hilangnya vaksin ataupun diganti dengan bahan-bahan lainnya oleh orang tak bertanggung jawab. “Kita harus super waspada dalam hal pengawasan vaksin ini,” pungkasnya.

Target Vaksinasi

Seperti diketahui, Pemkab Kepulauan sudah me-launching vaksin sinovac di Aula Kantor Bupati, Rabu lalu (3/2). Pejabat esensial di sana menjadi peserta vaksinasi perdananya. Setelah itu, vaksin akan didistribusikan untuk vaksinasi tenaga medis dan staf RSUD serta Puskesmas se-Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:  DPRD Pasaman Barat Larang ASN Keluar Daerah

Vaksin sinovac yang kini direalisasi di Mentawai baru tahap pertama. Para peserta vaksinasinya yaitu pejabat esensial dan tenaga kesehatan di sana. Jika seluruhnya sudah divaksinasi, sasaran berikutnya adalah ASN, lanjut kepada tokoh agama, dan terakhir masyarakat Mentawai.

Jika selesai di kalangan medis, vaksinasi bakal dilanjutkan ke jajaran TNI/Polri dan ASN di Mentawai. Terakhir baru ke masyarakat. Namun, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan, sebelum vaksinasi di masyarakat dilaksanakan, akan diawali dengan sosialisasi.

Hal itu dilakukan agar masyarakat tidak terkejut dengan pelaksanaan vaksinasi. “Vaksinasi di Kepulauan Mentawai ini ditargetkan rampung tahun 2021 ini,” ungkap Lahmuddin usai pencanangan vaksin sinovac di di Aula Kantor Bupati, Rabu lalu (3/2). (da.)

  • Bagikan