Iklan Melayang
Iklan Melayang

Pemkab Padangpariaman Perkuat Protokol dan Ilmu Jurnalistik

  • Bagikan
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Padangpariaman, Anto Wira Tanjung, ketika menjelaskan tentang diadakannya Workshop Keprotokolan dan Jurnalistik. (Foto: Humas)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Bidang jurnalistik mesti dipahami para staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Padangpariaman, untuk memaksimalkan sosialisasi setiap program atau kegiatan di instasinya. Pasalnya, apabila setiap instansi memiliki staf yang paham ilmu jurnalistik, mereka akan mudah dalam menyaluran informasi kepada publik atau melalui media.

“Berita yang dirilis Humas bisa mempengaruhi bagaimana seseorang mengetahui bagaimana program kerja yang baik dalam pemerintahan. Untuk itu, diperlukan workshop untuk belajar keprotokolan dan ilmu jurnalistik. Harapan kita, hasil dari acara ini bisa memperbaiki permasalahan sebelum-sebelumnya,” kata Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi, saat Workshop Protokol dan Jurnalistik, di Hall Kantor Bupati Padangpariaman, Rabu (21/10).

banner 336x280

Workshop itu diikuti pewakilan OPD, instansi vertikal, dan perwakilan nagari di Padangpariaman. Keseluruhan pesertanya sebanyak 50 orang. Dalam workshop protokol, pematerinya Master Of Ceremony (MC) Syovia Yenita. Sedangkan pemateri workshop jurnalistik yang didatangkan Bagian Humas dan Protokol Padangpariaman yaitu wartawan Padang Ekspres, Aris Prima Gunawan, serta Pemimpin Redaksi CanangNews, Zakirman Tanjung.

Begitu juga MC yang merupakan bagian penting dari keprotokolan. Menurut Jonpriadi para staf di instansi apa pun perlu memahami soal keprotokolan tersebut. “Kegiatan keprotokolan bukan cuma MC saja. Namun, kegiatan keprotokolan dapat dicontohkan dengan dari saya masuk dan keluar ruangan ini. Itu termasuk protokol. Makanya, protokol merupakan kunci acara. Protokolnya bagus, maka bagus juga acaranya,” hematnya.

Kabag Humas dan Protokol, Anton Wira Tanjung, menjelaskan workshop itu diadakan pihaknya dalam dua tahap. Pagi dikhususkan untuk membahas bidang keprotokolan, siangnya dilanjutkan workshop jurnalistik.
Workshop ini kami adakan untuk menambah pengetahuan terkait keprotokolan dan jurnalistik pada masing-masing instansi. Minimal, pada saat mengangkat sebuah acara, swadaya pada bidang keprotokolan dan jurnalistik bertambah,” hemat Anton.

Untuk itu, ia berharap dengan workshop tersebut, tidak hanya jajaran Pemkab  Padangpariaman, tetapi juga instansi vertikal dan tingkat nagari, diharapkan memiliki tenaga khusus di bidang keprotokolan dan jurnalistik nantinya. Sebab, bidang itu diyakini bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat untuk memberitahukan kerja instansi. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan