Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Pembangunan Irigasi di Pariaman Batal karena Pandemi

  • Bagikan
Plt. Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, mengakui bahwa pembangunan irigasi di daerah masih butuh perhatian besar. (Foto: Istimewa)

Pariaman | Datiak.com – Pembangunan irigasi areal persawahan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Pariaman. Salah satu contoh permasalahan irigasi yang dikeluhkan petani, terdapat di Desa Cubadak Mentawai, Pariaman Timur. Hal itu diakui oleh Plt. Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

“Ya, memang banyak keluhan dari para petani terutama perkara irigasi air sawah yang tidak lancar. Para petani tersebut berharap adanya upaya dari Pemko Pariaman untuk menyikapi hal tersebut,” ujar Mardison.

Ia mengakui bahwa masalah irigasi air adalah masalah vital untuk kelancaran sektor pertanian, seperti di Desa Cubadak Mentawai. Sebenarnya, pihaknya sudah menindaklanjuti permasalahan tersebut di tahun 2020 ini. Bahkan sudah dialokasikan anggarann untuk pembangunannya.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa karena kegiatan tersebut dibatalkan akibat adanya pandemi Covid-19. Itu sudah kebijakan dari pusat,” ungkap mantan Ketua DPRD Kota Pariaman tersebut.

Katanya, petani adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan. Buktinya, pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemko Pariaman, sebelumnya sudah menganggarkan bagaimana sawah ini dialiri air dengan proyek irigasi sawah haru.

“Kami selalu memikirkan bagaimana ekonomi masyarakat meningkat, ekonomi petani berjalan baik. Jika sawah tidak dialiri dengan air bagaimana petani bisa bekerja dan mendapatkan hasil panen padi yang baik,” ucapnya.

Sayangnya, lanjut Mardison, saat ini banyak kegiatan yang dibatalkan karena Covid-19, termasuk juga proyek irigasi air di sawah Desa Cubadak Mentawai, terpaksa ditunda hingga 2021. “Kita berharap masyarakat bisa bersabar hingga pembangunan irigasi direalisasikan tahun depan,” pungkas politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut.

Sedangkan Kepala Desa Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur, Azwirman, mengaku sangat mengapresiasi sikap Plt Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin beserta jajarannya. Sebab, mereka telah merespons keinginan para petani.

“Semoga jawaban yang diberikan Pemko Pariaman menjawab harapan petani di desa kita yang menginginkan pembangunan irigasi di persawahannya,” ujar Azwirman. (da.)

  • Bagikan