Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Pasar Pariaman Diperkirakan Bisa Dipakai April 2021

  • Bagikan
Kepala Disperindagkop UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit menjelaskan bahwa Pasar Pariaman diperkirakan bisa ditempati pedagang mulai April 2021. (Foto: Humas)

Pariaman | Datiak.com – Pasar Pariaman yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian diperkirakan baru bisa digunakan April 2021. Pemegang kartu kuning atau mereka yang telah memiliki kios di pasar lama merupakan prioritas utama untuk mendapatkan kios di pasar ini.

”Pembangunan pasar ini diperkirakan selesai Februari. Nanti prosesnya pengajuan untuk operasional, paling cepat April Pasar Pariaman baru bisa beroperasional,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit.

Pasar Pariaman yang dibangun menggunakan APBN tersebut berlantai empat memiliki 362 kios dengan fasilitas seperti pasar modern dilengkapi eskalator.

Ditanya soal peruntukan masing-masing kios di setiap lantainya, Gusniyeti Zaunit menyebut pihaknya masih mempersiapkan regulasi pengaturan klasifikasi jenis dagangan di tiap-tiap lantai.

Apakah lantai satu untuk pedagang sembako dan lantai dua untuk pedagang pakaian semuanya masih belum jelas. Karena hal tersebut nantinya akan diatur dalam regulasi.

Saat ini sebut Yet, begitu Gusniyeti Zaunit akrab disapa, pihaknya sudah membuka pendaftaran bagi pemegang kartu kuning untuk pembagian kios.

Seperti kesepakatan awal sebelum pembangunan pasar yang baru, pemilik kartu kuning merupakan prioritas utama untuk mendapatkan kios di Pasar Pariaman. Pemegang kartu kuning adalah mereka yang dulunya sudah terdaftar sebagai pemilik kios di pasar yang lama.

”Data awal ada 358 pemegang kartu kuning. Nah saat ini pendaftaran bagi pemilik kartu kuning masih sedang berlangsung,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan pedagang yang aktif namun tidak memiliki kartu kuning. Nantinya mereka tersebut sebut Yet akan mendapatkan sisa dari kios yang sudah dibagikan kepada pemilik kartu kuning.

Intinya begitu selesai pendaftaran untuk pemilik kartu kuning, pihaknya akan melakukan pendataan kepada pedagang aktif yang tidak memiliki kartu kuning.

Sesuai dengan perjanjian di awal sebelum pembangunan pasar, pemilik kartu kuning merupakan prioritas untuk mendapatkan kios di Pasar Pariaman. (da.)

  • Bagikan