Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Partisipasi Masyarakat Mengawasi Pemilu 2024 Sangat Penting, Kenapa?

Peserta tampak serius menyimak pemaparan narasumber Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang diadakan Bawaslu Padang Pariaman, di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kamis (17/11/2022). (Hasnul Uncu/DatiakFoto)
372 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Partisipasi masyarakat mengawasi Pemilu 2024 sangatlah penting. Sehingga, perhelatan demokrasi lima tahunan itu, melahirkan pemimpin/wakil rakyat yang berkualitas.

Hal itulah yang mengapung dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, yang diadakan Bawaslu Padang Pariaman di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kamis (17/11/2022).

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Padang Pariaman, Rudi Herman, menjelaskan bahwa untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis dan berkualitas, tidak cukup hanya dengan pengawasan oleh Bawaslu.

Partisipasi Masyarakat Mengawasi Pemilu 2024 Sangat Penting
Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Padangpariaman, Rudi Herman, yang membuka sosialisasi memberikan kata sambutan. (Hasnul Uncu/DatiakFoto)
“Partisipasi masyarakat mengawasi Pemilu 2024 nanti juga sangat dibutuhkan. Baik itu dalam bentuk pencegahan ataupun pelaporan pelanggaran,” kata Rudi yang membuka sosialisasi tersebut.

Katanya, sosialisasi dilakukan Bawaslu Padang Pariaman, agar partisipasi masyarakat mengawasi Pemilu 2024, lebih baik dibandingkan pemilu sebelumnya. Jadi, sosialisasi itu untuk meningkatkan kesadaran demokrasi di masyarakat.

“Jadi, kita sangat berharap kepala OPD atau lembaga yang hadir di sini, dapat mendukung memaksimalkan edukasi atau sosialisasi pengawasan partisipatif di lingkungan kerja dan tempat tinggal mereka,” harap Rudi.

“Begitupun pengurus ormas atau OKP dan tokoh-tokoh yang dihadirkan, kita juga kita harapkan mengedukasi dan menyosialisasikan pengawasan partisipatif ini di lingkungan organisasi hingga tempat tinggal mereka,” sambungnya.

Dengan dilaksanakannya acara sosialisasi tersebut, sambung Rudi, Bawaslu Padang Pariaman berharap partisipasi masyarakat mengawasi Pemilu 2024 nantinya berjalan maksimal. “Mari bersama-sama kawal demokrasi di negeri ini,” tukas Rudi.

Partisipasi Masyarakat Mengawasi Pemilu 2024 Sangat
Suasana jelang pembukaan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang diadakan Bawaslu Padang Pariaman, di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kamis (17/11/2022). (Hasnul Uncu/DatiakFoto)

Sedangkan narasumber yang didatangkan dalam sosialisasi kali ini yaitu Eka Vidya Putra. Ia menekankan tentang pentingnya pemilu, dan peran aktif masyarakat dalam mengawasi prosesnya hingga penetapan hasil pemilu.

“Pemilu itu dilakukan untuk memilih orang-orang yang nantinya akan mengelola bumi, air dan kekayaan alam yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pemilu akan berdampak pada kesejahteraan rakyat Indonesia,” tegas Eka.

Sementara itu, narasumber lainnya Muhammad Taufik mengatakan, mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilu merupakan kewajiban setiap warga negara. Sebab, hasil pemilu akan dirasakan masyarakat negara tersebut.

“Hal ini dikarenakan pemilu akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang akan menjadi pemimpin atau wakil kita dalam menjalankan roda pemerintahan,” ucapnya. (da.)