Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Owner Rodi Maco jadi Ketua Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Sumbar

  • Bagikan
Rodi Indra Saputra yang ditunjuk sebagai Ketua Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Sumbar. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Setelah disahkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai salah satu Badan Otonom (Banom) NU beberapa bulan lalu, Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) langsung membentuk kepengurusan wilayah di tingkat provinsi. Salah satunya di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam Surat Keputusan Pimpinan Pusat Serikat Nelaya NU (PP SNNU) yang diterima Datiak.com, Pengurus Wilayah SNNU Sumbar diketuai oleh Rodi Indra Saputra. Nama Rodi tidak asing lagi di kalangan pemuda Sumbar.

Sebab, Rodi tidak hanya dikenal sebagai Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumbar, tetapi juga gigih di bidang usaha perikanan. Ia mampu menyulap ikan asin menjadi produk dengan kemasan menarik.

BACA JUGA:  Turnamen Kampung Bendang FC Diapresiasi Suhatri Bur

Lebih mengagumkan lagi, Rodi kini mengajak pemuda di kampungnya untuk membentuk Lembaga Pelatihan Pengolahan Perikanan Nusantara dan UMKM (LP3NU). Keberdaan lembaga tersebut tentunya sangat berguna dalam memotivasi pemuda kawasan pesisir menjadi pengusaha, dengan memanfaatkan potensi lingkungannya.

Rodi yang ditemui Datiak.com membenarkan soal SK penunjukan dirinya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Sumbar tersebut. Ia sangat berterima kasih kepada PWNU Sumbar yang sudah merekomendasikan menahkodai SNNU Sumbar.

“Saya dan sahabat-sahabat pengurus yang tertuang dalam SK itu sangat berharap untuk terus mendapat arahan dan bimbingan PWNU dalam menjalankan amanah ini. Sehingga, SNNU bisa besar di Sumatera Barat ini,” ucap Rodi yang juga dikenal sebagai owner usaha ikan kering kemasan bermerk “Rodi Maco”.

BACA JUGA:  Penambahan Tempat Isolasi di Mentawai Serap Dana Rp 305 Juta

Sebagai anak muda yang lahir dan dibesarkan dengan kehidupan keluarganya sebagai nelayan, Rodi melihat masih banyak nelayan-nelayan Sumbar yang kurang mendapat perhatian. Terutama para nelayan yang tinggal di pinggiran daerah.

“Saya sangat berharap SNNU ke depannya menjadi wadah bagi nelayan di Sumbar dalam merumuskan permasalahan yang mereka hadapi,” ungkap mahasiswa pasca sarjana Universitas Negeri Padang tersebut.

Sekarang, lanjut Rodi, pihaknya fokus untuk membentuk Pengurus Cabang SNNU di tingkat kabupaten/kota di Sumbar. Selain itu, mempersiapkan untuk silaturahmi dengan stakeholder terkait untuk memperkenalkan SNNU. “Tugas pertama kami ini sesuai amanah Pimpinan Pusat SNNU,” ungkapnya. (da.)

  • Bagikan