Napi Lapas Pariaman Goyang Panas di TikTok

  • Bagikan
Potongan gambang video TikTok napi lapas Pariaman yang kini menjadi perbincangan publik di akun Facebook Karantina Pariaman. (Foto: Istimewa)

Pariaman | Datiak.com – Tingkah nara pidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pariaman, kembali jadi pembicaraan publik. Kali ini, bukan karena adanya yang kedapatan menyimpan narkoba. Namun, beberapa napi Lapas Pariaman itu, viral melalui video TikTok.

Publik khususunya di media sosial, menjadi heboh setelah akun Facebook Karantina Pariaman, mengunggah tiga video TikTok, Selasa (23/3) pukul 19.05. Dalam video itu terdapat empat orang yang sedang asyik berjoget. Tiga orang napi wanita berpakaian seksi, salah seorang lagi adalah napi laki-laki. Napi perempuan itu berjoget dengan memperagakan pinggulnya di kamera.

Pada keterangan posting-an akun Karantina Pariaman, dituliskan pesan untuk pihak Lapas Kelas IIB Pariaman. Tujuannya untuk memperketat pengawasan terhadap napi. Selain itu, menyangkut pembenahan pengelolaan tempat pengelolaan sel wanita.

BACA JUGA:  Judi Biliar di Mentawai Menyeret Perangkat Desa dan Honorer

“Kepada Lapas Pariaman, tolong ditindaklanjuti Video ini secepatnya. Karena begitu bebasnya di lapas karantina (sel wanita). Bebas main HP dan begitu bebasnya laki-laki masuk di sel wanita lapas Pariaman. Mengapa mereka begitu bebas melakukan adegan yang ada di video ini. Media sosial TikTok ini dilihat oleh semua orang seluruh dunia. Tolong segera ditindaklanjuti pak Kalapas Pariaman. Kalau tidak, kami sebagai masyarakat akan melanjuti kasus video me*** (sensor, Red) ini,” tulis akun Karantina Pariaman.

Tindakan Pihak Lapas

Kepala Lapas Klas IIB Pariaman, Eddy Junaedi, membenarkan terkait video tersebut dibuat oleh napi Lapas Pariaman. Pihaknya pun sudah menindaklanjuti hal tersebut, dengan melakukan penggeledahan. “Kita menyita dua unit smartphone dan satu unit handphone biasa dan sejumlah barang bukti,” ungkap Eddy kepada media, Selasa (30/3).

BACA JUGA:  Izet si Preman Viral Tertangkap Jam 6 Pagi, Celananya Copot

Dari hasil proses yang dilakukan pihaknya, terdapat lima orang napi yang dimintai keterangan. Ia memastikan para napi itu bakal diberi sanksi sesuai aturan yang diberlakukan. “Konten itu diambil menggunakan handphone milik napi berinisial NS (napi perempuan, Red) pada Juni 2020 lalu,” beber Eddy.

Katanya, handphone NS itu sebenarnya sudah dimusnahkan 2020 lalu. Hal itu setelah petugas menemukannya saat razia di blok tahanan wanita. Namun, petugas tidak menemukan adanya video TikTok saat itu di dalam handphone tersebut.

“Kalau dari pengakuan NS, saat itu video tersebut sudah dikirimnya kepada SD, napi perempuan lainnya yang juga ada dalam video TikTok itu,” ujar Eddy.

Sekarang, imbuhnya, SD berada di lapas perempuan di Kota Padang. Pemindahannya dilakukan beberapan bulan lalu. “Pihak lapas di Padang itu sudah meminta keterangan dari SD. Namun SD tidak mengakui bahwa dialah yang mengunggah video itu ke Facebook,” ucap Eddy.

BACA JUGA:  Mudik Lebaran di Mentawai Diawasi Ketat
Tahanan Pria

Adanya napi pria dalam video yang dibuat di sel napi wanita di Lapas Pariaman itu, turut diklarifikasi oleh Eddy. Katanya, tindakan napi pria berinisial DKP tersebut, tanpa sepengetahuan petugas. “DKP diam-diam masuk ke blok hunian perempuan, saat petugas regu memeriksa blok hunian,” dalihnya.

Pihaknya juga sudah memintai keterangan DKP. Katanya, napi pria itu mengakui kesalahannya kepada petugas. “Mereka yang terlibat dalam video pasti disanksi. Kami juga sudah memperingati mereka untuk tidak mengulangi perbuatan itu,” tukas Eddy. (da.)

  • Bagikan