MAN IC Padangpariaman, Boyong Medali MSC

Nanda Andika Saputra
Kepala MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus, sukses membawa MAN IC Padangpariaman mencapai prestasi nasional di ajang Merdeka Scient Competition (MCS). (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padangpariaman terus berprestasi di tingkat nasional. Baru-baru ini, MAN IC yang terletak di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang tersebut, memboyong sejumlah mendali dari event Merdeka Scient Competition (MSC).

Kepala MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus menjelaskan, MSC merupakan event yang diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Tujuannya untuk memfasilitasi siswa/siswi berprestasi, sekaligus mengevaluasi evaluasi kemampuan mereka.

“Merdeka Scient Competition ini digelar Minggu (30/8). Event ini juga dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) yang kita cintai ini,” ujar kepala MAN IC yang akrap disapa Hendiri tersebut, via WhatsApp pribadinya, Selasa (1/9).

Ia sangat bersyukur, karena untusan MAN IC Padangpariaman sukses membawa pulang medali di tujuh bidang perlombaan. Yakni medali perak yang diraih oleh Raisa Hurriyati Aminda (Biologi), Flowera Dwila Desanda (Geografi), Irvan Zaki bidang (Kebumian), dan Annisa Alfian (Kebumian).

BACA JUGA:  Irigasi di Solsel Segera Dibangun, Anggarannya Rp 444 Miliar

Selanjutnya perolehan medali perunggu berhasil dikantongi oleh M. Luthfi Nasa Azzikri (Fisika), Alfaza Rahman (Kimia), Dinda Pebriani Lubis (Astronomi), Aulia Putri (Geografi), Rayhan Kamal JM (Geografi), serta Ramadhan Hadi (Ekonomi).

“Terima kasih kepada para siswa/siswi kita, terlebih para guru yang telah berjuang keras mempersiapkan dan mendidik anak-anak kita di MAN Insan Cendekia Padangpariaman. Meskipun belajar daring (dalam jaringan) karena pandemi, kita tetap sukses meraih prestasi,” ucap Hendri.

Hendri turut mengungkapkan tekadnya, agar MAN Insan Cendekia Padangpariaman selalu mengikuti kompetisi sains tingkat nasional ke depannya. Sebab, orientasi pendidikan MAN IC adalah sains. “Jadi, keberadaan kita untuk melahirkan generasi beriman teguh dan berilmu luas,” hemat mantan Kepala MAN Insan Cendekia Jambi tersebut.

Motivasi

Untuk itu, Hendri berpesan kepada majelis guru agar terus bersemangat dalam mendidik para siswa MAN Insan Cendekia Padangpariaman. Sehingga, keberadaan mereka bisa semakin mengharumkan pendidikan Sumatera Barat dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:  Peringkat MAN IC Padangpariaman Tahun 2021 Naik Pesat

“Meskipun sekarang jarak memisahakan, segala yang berhubungan dengan proses pendidikan jangan samapai seadanya. Buktikan keberadaan kita dengan prestasi yang gemilang. Kita harus pegang prinsip belajar adalah ibadah, prestasi adalah dakwah,” pungkas Hendri.

Terpisah, Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur sangat mengapresiasi capaian prestasi MAN Insan Cendekia Padangpariaman. Menurutnya, sangat beruntung Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, berjuang keras menghadirkan madrasah bertaraf internasional tersebut di Ranah Saiyo Sakato.

“Kita sangat berharap MAN Insan Cendekia Padangpariaman menjadi wadah yang mampu menciptakan generasi emas di Sumbar, khususnya Padangpariaman. Terima kasih kepada pimpinan MAN Insan Cendekia Padangpariaman dan jajaran, serta para siswa/siswinya yang kami cintai,” pungkas Suhatri Bur. (da.)

Daftar dan masuk untuk mengambil konten!