Lapangan untuk Latihan Tim Nasional U-23 Jelek, STY Ngomel

  • Bagikan
Lapangan untuk Latihan Tim Nasional U-23 Jelek
Shin Tae-yong (pakai topi, menunjuk lapangan) ketika melatih tim nasional U-23 Indonesia yang akan menjalani laga di SEA Games 2021 di Vietnam. (Foto: PSSI)

Jakarta | Datiak.com – Kondisi lapangan untuk latihan tim nasional U-23 di Vietnam, memicu kritikan dari pelatih tim nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong (STY). Ia memperlancar kritikan pada lapangan yang digunakan ‘Garuda Muda’, bukanlah masalah rumput saja.

Shin pimpin latihan tim nasional U-23 di Stadion Tam Nong, Phu Tho, Vietnam, saat sebelum memainkan partai pertama di Group A SEA Game, menantang tuan-rumah Vietnam, hari ini (6/5). Tetapi, keadaan lapangan untuk latihan tim nasional U-23 Indonesia, kelihatannya tidak pantas.

Lewat sosial media pribadinya, pelatih dari Korea Selatan itu melemparkan kritikan tajam. STY sayangkan opsi lapangan yang diberi untuk tim nasional U-23.

“Kompetisi internasional dapat diberi lapangan semacam ini. Terlampau kronis meskipun mereka tuan-rumah. Tidakkah semestinya fair dengan memberi lapangan yang bagus?” catat STY di Instagram, tadi malam (5/5) WIB.

Komentar STY itu menyikapi sebuah video yang menunjukkan keadaan lapangan yang digunakan tim nasional U-23 untuk latihan. Dalam siaran, kelihatan titik tendangan sudut dan kotak penalti yang jaraknya demikian dekat.

Media Vietnam, Soha, menyorot tindakan STY saat sebelum pimpin ‘Garuda Muda’. Dalam laporannya, mereka memberitakan pelatih 55 tahun itu langsung memperhatikan dan menghitung lapangan untuk latihan tim nasional U-23 tersebut.

“Sore hari ini (kemarin sore WIB), Indonesia U-23 latihan di Stadion Tam Nong. Sesampainya di lapangan, pelatih Shin Tae-yong memiliki inisiatif berkeliling-keliling untuk memperhatikan keadaan,” catat laporan Soha.

“Ini sebagai sesion latihan ke-2 Indonesia U-23 di Vietnam, tetapi tempo hari team latihan di Stadion Bai Bang. Maka dari itu, pelatih Shin Tae-yong cukup ketat dan berhati-hati menimbang lapangan saat sebelum biarkan pelajar latihan. Ia dengan jeli menghitung lapangan dengan kakinya,” lanjut laporan itu.

Awalnya, STY memberi komentar masalah keadaan lapangan untuk latihan tim nasional U-23 Indonesia, pada Rabu (4/5). Lapangan Bai Bang, Phu Tho, Vietnam, mempunyai rumput yang jelek.

“Keadaan pemain sampai sekarang ini baik sekali dan siap memainkan pertandingan pertama menantang Vietnam. Walau demikian, lapangan yang kami gunakan untuk latihan ini hari rumputnya tidak baik dan tidak pas untuk sepakbola kekinian sekarang ini,” sebut STY.

Untuk diketahui, hari ini tim nasional U-23 Indonesia akan menantang Vietnam di Stadio Viet Tri start pukul 19:00 WIB. Tidak saja Vietnam, ‘Garuda Muda’ juga tergabung dengan Filipina, Myanmar, dan Timor Leste di Group A. (da.)


  • Bagikan