Korban Bencana Direspon Cepat Dinsos P3A Padangpariaman

  • Bagikan
Kabid Linjasos Dinsos P3A Padangpariaman, Aprizondi, saat menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada salah satu korban bencana pohon tumbang yang menimpa rumahnya. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Cuaca ekstrim memicu terjadinya bencana di Kabupaten Padangpariaman. Di antaranya longsor di Kecamatan V koto Timur, serta pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padangsago, dan IV Koto Aur Malintang. Korban bencana itu tentunya sangat membutuhkan bantuan.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Padangpariaman, langsung bergerak cepat. Mereka pun mengunjungi para korban terdampak bencana tersebut, dengan  memberikan bantuan kebutuhan pokok.

Kepala Dinsos P3A Padangpariaman, Syafriwal, mengatakan bahwa laporan yang diterima pihaknya, rumah warga yang tertimpa pohon tersebut berada di Nagari Lurahampalu dan Ambuangkapua. “Para korban bernama Fatmiyanti, Afrina dan Binan. Kerusakan rumah mereka cukup parah,” ujar kadis yang akrab disapa Alex tersebut.

BACA JUGA:  100.396 Orang Pemilih Limapuluh Kota Golput

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, ia pun meminta jajarannya di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjasos) mendatangi lokasi. Tidak itu saja, ia juga mengintruksikan tim Tagana, pendamping PKH, TKSK, PSM dan relawan lainnya ikut dalam penyaluran bantuan oleh Bidang Linjasos Dinsos P3A Padangpariaman.

“Kita sudah jalankan seluruh arahan pak kadis. Bahkan, dalam penyaluran bantuan dan penanganan korban bencana tersebut, kita turut dibantu anggota DPRD di daerah setempat,” ujar Kepala Bidang Linjasos Dinsos P3A Padangpariaman, Aprizondi.

Saat penyaluran bantuan, lanjut Aprizondi, pihaknya berserta anggota DPRD yang hadir, ikut memberikan arahan kepada warga yang tinggal di titik rawan bencana banjir ataupun longsor, agar terus waspada ketika musim penghujan.

BACA JUGA:  Perahu Nelayan Mentawai Diterjang Ombak, Satu Orang Terseret Arus

“Alhamdulillah kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun kita terus mengajak warga agar selalu waspada,” pungkas Aprizondi. (da)

  • Bagikan