Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kodam Bukit Barisan Lirik Tarok City, Temui Ali Mukhni

  • Bagikan
Ali Mukhni dan Kepala Kodam Bukit Barisan bersama jajaran berdoa agar Batalyon Kesehatan di Tarok City bisa terwujud dengan cepat. (Foto: Syahrial Canon/Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Kepala Zeni Kodam 1/Bukit Barisan, Kolonel Czi Tri Raharjo, sangat tertarik dengan kawasan Tarok City yang berada di Nagari Kapalohilalang, Kecamatan 2×11 Kayutanam. Bahkan, ia memastikan Kodam Bukit Barisan siap membangun Batalyon Kesehatan tahun ini di Tarok City, apabila Pemkab Padangpariaman bersedia menyediakan lahan.

“Jika SK (surat keputusan) peruntukan atau sertifikat tanah dan desain lokasi selesai dalam beberapa waktu ini, insya Allah Batalyon Kesehatan Kodam 1/Bukit Barisan akan dibangun tahun 2021 ini,” ungkap Kolonel Czi Tri Raharjo yang didampingi Wakil Asisten Perencanaan (Waasren) Kodam 1/Bukit Barisan, Letkol. Arh Hermawansyah, ketika meninjau Tarok City, Kamis (14/1).

Katanya, keberadaan Batalyon Kesehatan tentunya sangat penting. Untuk itu, daerah tempat berdirinya Batalyon tersebut sudah pasti diuntungkan. Terlebih saat terjadi bencana alam. “Batalyon Kesehatan yang akan kita bangun ini, untuk melayani Regional Sumatera jika terjadi bencana alam di wilayah Sumatera. Peralatan kedokteran tercanggih akan disediakan di dalamnya,” kata Tri Raharjo.

BACA JUGA:  Nagari Paritmalintang, Enamlingkung, Padangpariaman

Pihaknya memilih Tarok City sebagai daerah pembangunan Batalyon Kesehatan, karena lokasinya dinilai sangat strategis. Sehingga, sangat mudah untuk diakses dari manapun. Terlebih salah satu pintu Tol Padangpariaman-Pekanbaru berada di sana.

“Lingkungan Tarok City ini sangat asri dan tentunya baik untuk kesehatan. Intinya, kita ingin membangun Batalyon Kesehatan di sini, karena Sumatera Barat salah satu provinsi yang rawan terkena bencana alam. Semoga niat baik ini dapat segera dilaksanakan dan terwujud sesuai dengan apa yang diinginkan,” pungkas Tri Raharjo.

Tanggapan Ali Mukhni

Menyikapi itu, Bupati Padangpariaman Drs. H. Ali Mikhni memastikan bahwa lahan untuk pembangunan Batalyon Kesehatan di Tarok City tersedia. Luasnya sekitar 55 hektare. “Kita akan percepat penerbitan SK peruntukan lahan 55 hektare untuk pembangunan Batalyon Kesehatan Kodam Bukit Barisan di Tarok City,” ungkap bupati yang dijuliki “Bapak Pembangunan” tersebut.

BACA JUGA:  Kehumasan di KPU Padangpariaman Diperkuat

Ali Mukhni menilai bahwa keputusan Kodam Bukit Barisan memilih Tarok City untuk membangun Batalyon Kesehatan sangatlah tepat. Sebab, lokasi kawasan perguruan tinggi terpadu itu memiliki banyak akses. Mulai dari Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tol Padangpariaman-Pekanbaru, Jalur Kereta Api, serta Jalan Sicincin-Malalak-Balingka (Simalaka) di bagian atas wilayahnya.

“Jalan dikawasan ini juga kita buka sangat luas, yaitu dengan lebar 70 meter. Jadi, sangat mustahil kemacetan bisa terjadi di jalan Tarok City ini nantinya,” hemat Bupati Peraih Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo itu.

Usai mengunjungi Tarok City, Ali Mukhni turut mengajak Kolonel Czi Tri Raharjo dan jajaran meninjau sejumlah pembangunan di Padangpariaman. Salah satunya pembangunan Tol Padangpariaman-Pekanbaru.

BACA JUGA:  Standar Pelayanan Disdukcapil Padangpariaman Dievaluasi

Dalam tinjauan itu, Ali Mukhni didampingi Sekkab H. Jonpriadi, Kepala Dinas PUPR Deni Irwan, ST, Kepala Bappelitbangda Ir. H. Ali Amran, MP, Kepala DLHKPP Ir. Yuniswan, MSi, dan Kabag Humas dan Protokol, Anton Wira Tanjung, SPi, MSi. (da.)

  • Bagikan