Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kapolda Sumbar Minta Prioritaskan Pengamanan Pilkada

  • Bagikan
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto memimpin sertijab sejumlah perwira, di Ruang Jenderal Soekanto Lantai IV Mapolda Sumbar, Senin (31/8).

Padang | Datiak.com – Roda mutasi kembali bergulir di tubuh Polda Sumbar. Kemarin (31/8), Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira, di Ruang Jenderal Soekanto Lantai IV Mapolda Sumbar. Upacara sertijab itu juga mengedepankan protokol kesehatan.

Jabatan pejabat utama diserah terimakan yaitu Dirnarkoba Polda Sumbar dari Kombes Pol Ma’mun digantikan Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro yang sebelumnya menjabat Kabagkhirdin Rowatpers SSDM Polri. Sedangkan Kombes Pol Ma’mun menjabat sebagai Kasubdit V Dittipideksus Bareskrim Polri.

Selanjutnya, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan akan mengisi jabatan Analis Utama TK II Baintelkam Polri. Untuk Kapolresta Padang akan diemban AKBP Imran Amir yang jabatan sebelumnya sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumbar.

BACA JUGA:  Dugaan Korupsi Dana Covid-19, Polda Sumbar Sudah Periksa Para Saksi

Sedangkan Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval diangkat sebagai Kabagbinkar Ro SDM Polda Sumbar dan digantikan AKBP Sri Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolres Limapuluh Kota. Lalu jabatan Kapolres Limapuluh Kota akan diisi AKBP Trisno Eko Santoso.

Sementara jabatan Kapolres Bukittinggi, yang diisi AKBP Iman Pribadi Santoso digantikan oleh AKBP Dody Prawiranegara yang sebelumnya menjabat Kapolres Kepulauan Mentawai. Dalam jabatan barunya AKBP Iman akan menjabat Kasiinvidrek Subditjemenopsprek Ditkamsel Korlantas Polri.

Jabatan yang ditinggalkan AKBP Dody Prawiranegara digantikan oleh AKBP Mu’at yang sebelumnya menjabat Kasiopsnal Subditintelair Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Sementara, Kapolres Payakumbuh dari AKBP Dony Setiawan digantikan oleh AKBP Alex Prawira.

BACA JUGA:  Lokasi Bekas Tambang di Padangpariaman yang jadi Objek Wisata

AKBP Dony Setiawan dipromosikan pada jabatan baru sebagai Kasubbagrenmin Dittipidnarkoba Bareskrim Polri. Untuk jabatan Kapolres Pasaman, dari AKBP Hendri Yahya akan digantikan AKBP Dedi Nur Andriansyah. Dalam jabatan barunya AKBP Hendri Yahya sebagai Kabagwassidik Ditreskrimum Polda Sumbar.

Kapolda Sumbar saat sertijab meminta agar personel yang baru dilantik bekerja profesional dan menjaga marwah institusi kepolisian. Ke depan akan semakin kompleks tantangan untuk kepolisian. Apalagi Sumbar akan menggelar Pilkada serentak 2020 pada Desember nanti.

Untuk itu, menganyomi dan menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat menjadi prioritas utama terutama dalam suasana Pilkada. “Menciptakan Sumbar aman sudah menjadi tanggungjawab dan tugas kita di kepolisian,” pungkasnya.

BACA JUGA:  LBH Fiat Justitia Edukasi Masyarakat Hukum Perdata Adat
Keputusan

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, mutasi perwira serta tujuh Kapolres tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2247/VIII/KEP/2020, Nomor : ST/2248/VIII/KEP/2020, dan Nomor : ST/2250/VIII/KEP/2020 tanggal 3 Agustus 2020 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Drs. Sutrisno Yudi Hermawan.

Ia mengatakan rotasi jabatan di jajaran kepolisian merupakan hal yang biasa terjadi dan merupakan suatu penyegaran untuk organisasi. “Iya benar. Tour of duty dan area, untuk meningkatkan kinerja organisasi serta dalam rangka pembinaan karir,” pungkas Satake. (da.)

  • Bagikan