Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Kapal Pengangkut Turis di Mentawai Kandas Pukul 12 Malam

Kapal yatch KM Kaimana Dua yang membawa 10 wisatawan asing kandas di perairan Pulau Siruamata, Desa Beriulou, Kecamatan Sipora Selatan, Selasa (14/6/2022) tengah malam. (Foto: SAR Mentawai)
1018 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Satu unit kapal pengangkut turis di Mentawai, kandas di perairan Pulau Siruamata, Desa Beriulou, Kecamatan Sipora Selatan, Selasa (14/6/2022) tengah malam. Kapal yatch KM Kaimana Dua itu, membawa 10 wisatawan asing.

Informasi kecelakaan kapal tersebut, baru sampai ke kantor SAR Kepulauan Mentawai melalui Aljufri, salah seorang pemilik penginapan di Dusun Katiet Rabu (15/6/2022), sekitar pukul 11.00. Dengan koordinat * : 2° 22‘05″ S – 99°-44’29″ E atau jarak 22 Notikamile (NM) dan Radial 156 derajat dari dermaga Tuapejat.

“Kejadian kandas kapal ini terjadi pada malam hari sekitar pukul 00.00 WIB bersamaan kondisi air laut yang tengah surut. Barangkali, mereka tidak menyadari, kalau tempat buang jangkar kapal di posisi dangkal dan kondisi air surut yang cukup dangkal menyebabkan kapal menjadi kandas,” ungkap Aljufri.

Kepala Kantor SAR Kepulauan Mentawai, Akmal, mengatakan bahwa penyebab kandasnya kapal tersebut karena kondisi air laut yang surut saat kapal buang jangkar di dekat teluk pantai Pulau Siruamata. Meski begitu, kata dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Semula ada 12 wisatawan asing di atas kapal KM Kaimana Dua. Di perjalanan, dua orang turun di lokasi yang berbeda. Satu diantaranya, di resort King Fisher. Jadi, ketika kejadian tersebut, seluruh penumpang berjumlah 16 orang. Enam orang merupakan Nahkoda dan ABK,” ungkap, Rabu siang (15/6/2022).

Seluruh wisatawan berhasil dievakuasi oleh kapal KM Sibon untuk dibawa ke resort King Fisher di Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan sekitar pukul 10.30 WIB. Sementara, 6 orang lainnya yang terdiri dari nahkoda dan ABK kapal tetap bertahan di Pulau Siruamata menunggu air laut pasang untuk bisa menarik kapal mereka.

Avatar photo