Iklan Melayang
Iklan Melayang

Perahu Nelayan di Tuapejat Terbalik Dihantam Ombak

  • Bagikan
Tim gabungan saat menemukan perahu nelayan yang terbaik di perairan Tuapejat. Tampak dua orang nelayan berdiri di atas perahu tersebut sembari memegangi viber. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Dua orang nelayan dihantam ombak di perairan Tuapejat, Kepulauan Mentawai, Rabu pagi (25/11). Yakni Jasman (30 tahun) dan Aris (25 tahun). Sehingga, perahu nelayan itu pun terbenam. Peristiwa tersebut disampaikan salah seorang warga Tuapejat bernama Rizal, kepada pihak SAR Mentawai sekira pukul 10.15 WIB.

Setelah mendapat informasi tersebut, Tim Rescue SAR, TNI, Polair, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SatpolPP yang tergabung dalam tim pencarian, langsung melakukan penyisiran menuju lokasi kejadian. Mereka menggunakan Alut RIB 02 Mentawai, Alkom & Albanav, Pal Evakuasi, Rescue Carrier, Pal Protokol Kesehatan, Kapal Masyarakat.

banner 336x280

Ketika mendapati keberadaan kedua nelayan itu, tim gabungan langsung menyelawatkan mereka. Proses penyelamatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal. “Kedua korban berhasil dievakuasi oleh tim dalam kondisi selamat,” ujar Akmal di Tuapejat.

Informasi yang diperolehnya, nelayan tersebut mulanya berangkat melaut, Rabu (25/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Namun, dalam perjalanan perahu nelayan itu diterjang ombak hingga terbalik di perairan Tuapejat, tepatnya di Batu Tongga. “Kedua nelayan itu sudah kembali ke rumahnya,” ujarnya.

Untuk itu, Akmal kembali mengingatkan seluruh nelayan di Mentawai agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya memperhatikan kondisi cuaca sebelum pergi menangkap ikan. Sehingga, mereka tidak dihadapi dengan risiko yang membahayakan keselamatan nyawa mereka.

“Kejadian nelayan mengalami kecelakaan laut ini bukan yang pertama kali di Mentawai. Untuk itu, kita mengimbau kepada para nelayan kita agar selalu waspada dalam aktivitasnya,” pungkas Akmal. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan