Iklan Melayang
Iklan Melayang

Kapal Antarpulau di Mentawai Beroperasi Minggu Depan

  • Bagikan
Kapal Antarpulau di Mentawai saat masih dikelola oleh Dinas Perhubungan Mentawai.
Foto: Istimewa
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Juniarman, mendesak agar kapal antarpulau di Mentawai beroperasi. Pasalnya, sesuai kesepakatan, kapal antarpulau di sana mulai beroperasi April 2021 ini. Sebab, masyarakat sangat membutuhkan transportasi tersebut.

Untuk diketahui, kapal antarpulau di Mentawai yang dimaksud yaitu kapal yang sebelumnya dikelola oleh Dinas Perhubungan Mentawai. Pelimpahan wewenang pengelolaan kepada pihak ketiga atau swasta, berdasarkan perintah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019, tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

banner 336x280

Hanya saja, dorongan muncul dari DPRD Kepulauan Mentawai, lantaran kapal antarpulau yang sebelumnya dikelola Dishub Mentawai, sampai sekarang masih belum dioperasikan oleh pihak swasta yang telah disepakati untuk mengelolanya.

Juniarman pun mengklaim hal itu terjadi lantaran Dishub Mentawai masih setengah hati melepas kapal itu kepada pihak ketiga atau swasta. “Istilahnya pasrah, tapi tak rela (melepas kapal antarapulau kepada pihak ketiga, Red),” kata politisi Partai Demokrat tersebut.

Dorongan agar kapal antarpulau dioperasikan juga disampaikan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepulauan Mentawai, Alex Zalukhu. Ia bahkan mengungkapkan bahwa DPRD Mentawai pasti memanggil Dishub Mentawai, apabila kapal antar pulau tak kunjung beroperasi hingga Juli 2021 ini.

“Sebenarnya kerja sama pengelolaan antarpulau ini sudah dimulai sejak 2020 kemarin. Lantaran kondisi pandemi Covid-19, anggarannya baru bisa dialokasikan tahun ini. Jadi, kesepatan pelimpahan pengelolaan kepada pihak ketiga dimulai 2021 ini,” ujarnya.

Menyikapi itu, Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai, Tohap Nababan yang dihubungi Datiak.com mengatakan, pengelolaan kapal antar pulau di sana, sudah dilimpahkan pihak kepada pihak ketiga. Yakni dari PT ASIMI. “(Dijadwalkan) akan beroperasi (kapal antarpulau minggu depan,” ungkap Tohap. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan