Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Jembatan Nemnemleleu bakal Diperbaiki

  • Bagikan
Warga Desa Nemnemleleu bersama petugas TNI dan Polri saat memperbaiki jembatan Nemnemleleu agar bisa melalui kendaraan roda dua.
Foto: Sabarial

Mentawai | Datiak.com – Alokasi anggaran pembangunan jalan nasional di Kepulauan Mentawai tahun ini hanya sebesar Rp 4 miliar. Anggaran tersebut menurun drastis dari tahun sebelumnya yakni, sebesar Rp 14 miliar. Alhasil, tidak saja meminimalisir biaya pembangunan jalan, tetapi juga jembatan di sana. Salah satunya jembatan Nemnemleleu yang ambruk beberapa waktu lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Jalan Nasional untuk wilayah Kepulauan Mentawai, Yames, menjelaskan bahwa turunnya anggaran tersebut tidak hanya dirasakan oleh Mentawai saja, namun seluruh daerah di Indonesia.

Hal ini katanya, salah satu dampak pandemi Covid-19 yang berimbas terhadap pengurangan belanja pembangunan. “Menurunnya anggaran balai menjadi Rp 4 miliar tersebut, terjadi untuk seluruh daerah di Indonesia juga terjadi pengurangan. Memang sangat jauh turun dari tahun lalu sebesar Rp 14 miliar,” katanya.

BACA JUGA:  Pejabat Eselon 2 di Mentawai Dirotasi Sehari Usai HUT RI

Tahun lalu, kata dia, Balai Jalan Nasional telah melakukan kegiatan preservasi jalan termasuk penanganan longsor. Kemudian, pada tahun 2019, lanjut dia, ada pembangunan jembatan di Dusun Pogari, pelebaran jalan dan preservasi jalan termasuk penanganan longsoran.

“Tahun 2019 juga ada kegiatan lanjutan pembukaan jalan trans Pulau Siberut sepanjang 29 kilometer. Tahun 2020, juga ada kegiatan preservasi jalan dan termasuk penanganan longsoran,” katanya.

Terkait kondisi buruknya akses jalan nasional Sioban-Sagitsi sepanjang 15 kolometer yang sudah banyak berlubang, pihaknya pun mengaku masih terkendala dengan keterbatasan anggaran. Hanya saja, dia berjanji akan mengupayakan penggantian papan jembatan Nemnemleleu dengan panjang sekitar 25 tersebut.

“Untuk jembatan Nemnemleleu akan diperbaiki dengan mengganti lembaran papan jembatan. Sebab, jembatan yang ada hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. Jadi, ke depan bisa dilalui kendaraan roda empat. Sekarang ini kita sedang pemesanan kayu,” ujarnya.

BACA JUGA:  Polres Mentawai Meraih Penghargaan Terbaik 1 dari Kapolda
Ambruknya Jembatan

Selasa 5 Januari 2021, jembatan Nemnemleleu ambruk saat dilewati mobil pick up yang mengangkut kebutuhan sembako. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, jembatan satu-satunya yang berada di jalan nasinal di Mentawai itu, mengalami kerusakan sangat berat.

Sehingga, baik kendaraan roda dua terlebih roda empat, tidak bisa lagi menyeberang di jembatan tersebut. Warga Desa Nemnemleleu bersama petugas TNI dan Polri di sana, berinisiatif membangun kembali jembatan darurat.

Hasil kerja kompak warga bersama TNI-Polri itu, jembatan Nemnemleleu pun setidaknya kini bisa dilalui kendaraan roda dua. Hal itu lantaran kondisinya yang dibangun secara darurat, berukuran lebih kecil dan beralaskan papan. (da.)

  • Bagikan