Iklan Melayang
Iklan Melayang

Jaringan 4G di Muara Siberut Masih Proses Uji Coba

  • Bagikan
Tower jaringan 4G di Muara Siberut yang sudah rampung dikerjakan. Namun, tower dengan jaringan Telkomsel ini, dinilai masih dalam proses uji coba karena sinyal internetnya belum berfungsi normal. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Jaringan 4G di Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, sudah rampung pembangunannya. Hanya saja, jaringan dari operator Telkomsel tersebut, sekarang masih menjalani masa uji coba. Sehingga, masyarakat di sana belum bisa menggunakannya secara normal.

“Kita belum tahu kapa jaringan 4G dari Telkomsel itu aktif secara normal. Yang jelas, internetnya sudah tersedia. Mudah-mudahan sudah normal dalam waktu dekat,” kata Camat Siberut Selatan, Hijon, Kamis (11/2).

banner 336x280

Sedangkan Sekretaris Desa Muara Siberut, Adi Hamdani, menjelaskan bahwa jaringan 4G di Muara Siberut itu sudah bisa digunakan pada Jumat lalu (5/2), sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, durasi waktunya hanya sekitar 30 menit. Setelah itu, sinyal jaringannya hilang-hilang.

“Kayaknya memang karena masih dalam masa uji coba. Masyarakat di sini tentu berharap jaringan 4G ini secepatnya normal,” hemat Adi.

Di sisi lain, ia menilai bahwa jaringan 4G sudah pasti sangat dibutuhkan di Desa Muara Siberut. Pasalnya, di sana terdapat SD, SMP, SMA, serta Universitas Terbuka. Artinya, jaringan internet memadai menjadi kebutuhan vital di sana, guna menyukseskan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Begitupun aktivitas perkantoran di desa tertua di Siberut Selatan tersebut.

“Waktu jaringan 4G di Muara Siberut belum ada, masyarakat mengakses internet menggunakan wifi yang disediakan Pemkab Mentawai. Namun kapasitasnya tidak bisa ramai. Jaringan akan melambat jika sudah diakses lebih dari 15 pengguna,” ungkap Adi.

Harapan yang sama disampaikan Andres (20 tahun), salah seorang warga warga Puro Desa Muara Siberut. Ia sangat ingin jaringan 4G yang sudah aktif di sana, bisa dipergunakan dengan normal oleh masyarakat. Artinya, jaringan 4G-nya berfungsi lancar seperti di daerah-daerah lain di Indonesia.

“Kalau jaringan ini lancar, sudah pasti anak-anak sekolah dimudahkan saat belajar di rumah. Kita juga bisa videocall dengan saudara yang berada di Padang, Tuapejat dan daerah lain,” ucap Andres. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan