Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Jalan Lakuak Landia Penghubung 2 Nagari Terban Lagi, PUPR Janji Pakai Dana BTT

Jalan Lakuak Landia dan Lakuak Uba tak dapat dilalui kendaraan karena terban pada Sabtu (11/3/2023). Untuk penanganannya, Dinas PUPR Padang Pariaman akan menggunakan dana BTT. (Diskominfo Padang Pariaman for DatiakFoto)
1093 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Ruas jalan Lakuak Landia dan Lakuak Uba Nagari Kudu Gantiang dan Nagari Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, kembali terban, Sabtu (11/3/2023). Bahkan, kerusakannya lebih parah. Jangankan mobil, kendaraan roda dua saja tak dapat melintas di sana.

Informasi di lapangan, kerusakan jalan tersebut sempat terjadi pada tahun 2021. Namun, sudah lakukan perbaikan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Hanya saja, hasil perbaikan tidak bertahan kokoh.

Heri Martoni, 35, salah seorang tokoh masyarakat di sana menjelaskan, terbannya jalan Lakuak Landia tersebut karena tanah di bawahnya tergerus air. “Ya, memang sempat terban tahun 2021, tetapi sudah diperbaiki. Dan Sabtu kemarin terban lagi,” ungkapnya, Senin (13/3/2023).

Sekarang, sambungnya, warga melakukan swadaya untuk membuat jembatan darurat di sana. Sehingga, kendaraan roda dua sudah dapat melintas di jalan tersebut. “Harapan kita, perbaikan jalan Lakuak Landia ini lebih kokoh lagi nantinya. Sehingga, tidak tergerus air lagi. Sebab di sana kan tidak ada irigasinya,” tukas Heri.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Padang Pariaman, El Abdes Marsyam, memastikan bahwa pihaknya segera memperbaiki ruas jalan Lakuak Landia dan Lakuak Uba tersebut. Sehingga, aktivitas perekonomian warga di sana kembali lancar.

Sesuai arahan bupati, sambungnya, telah disepakati untuk menggunakan dana tanggap darurat atau Belanja Tak Terduga (BTT). “Kini kita sedang proses untuk pembukaan lahan masyarakat yang akan digunakan untuk jalan Lakuak Landia ini, barulah bisa dilakukan perbaikan,” ungkap El Abdes, sabtu (11/3/2023).