Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Iriadi-Agus Dipastikan jadi Cabup dan Cawabup Solok

  • Bagikan
Iriadi-Agus yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten Solok sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok. (Foto: Istimewa)

Kabupaten Solok | Datiak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok menetapkan pasangan Iriadi Dt. Tumanggung-Agus Syahdeman sebagai peserta Pilkada Solok 2020. Hal itu setelah Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan, mengabulkan banding yang dilakukan pasangan Iriadi-Agus tersebut.

Keputusan KPU Solok tersebut tertulis dalam surat keputusan (SK) KPU Kabupaten Solok nomor 97/PL.02.3-Kpt/1302/KPU-Kab/XI/2020 tentang perubahan atas keputusan KPU Kabupaten Solok Nomor 80/PL.02.3-Kpt/1302/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Tahun 2020.

Hasil keputusan itu ditetapkan oleh pihak KPU Kabupaten Solok dalam rapat pleno tertutup yang dilakukan di kantor KPU Kabupaten Solok, Jumat (6/11). Rapat dipimpin langsung ketua KPU, Gadis dan dihadiri komisioner lainnya.

Terkait pemberian nomor urut, pihak KPU Kabupaten Solok segera menetapkan bagi pasangan calon yang diusung PDIP, Demokrat dan Hanura itu. Dijadwalkan nomor urut Iriadi-Agus akan diserahkan pada hari ini (7/11).

“Besok (hari ini, Red), kita serahkan nomor urut untuk pasangan Iriadi Dt. Tumanggung – Agus Syahdeman di kantor KPU Kabupaten Solok,” ungkap Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Solok, Jons Manedi, Jumat (6/11).

Terkait nomor urut pasangan calon Iriadi Dt. Tumanggung – Agus Syahdeman, menurutnya akan menyesuaikan dengan nomor urut pasangan calon yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Solok sebelumnya. “Jika melihat kondisi saat, kemungkinan nomor urut 04 akan dipakai pasangan Iriadi Dt. Tumanggung-Agus Syahdeman. Besok (hari ini, red) kita plenokan di kantor KPU,” terangnya.

Seperti diketahui, Iriadi Dt. Tumanggung – Agus Syahdeman sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Kabupaten Solok. Pasangan Iriadi Dt. Tumanggung – Agus Syahdeman menolak keputusan KPU Kabupaten Solok yang menyatakan dirinya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai pasangan calon di Pilkada Solok 2020.

Lalu, pihaknya mengajukan banding ke PTTUN Medan usai gugatannya ditolak oleh majlis dalam sidang yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Solok pada Minggu (11/10) lalu. Dan, banding tersebut akhirnya dikabulkan PTTUN Medan dalam putusan bernomor : 3/G/Pilkada/2020/PT.TUN-MDN tanggal 3 November 2020. (da.)

  • Bagikan